Korban Penipuan Berkedok Lowongan Kerja Semakin Bertambah, Salah Kepolisian atau Disnaker?

Penipuan berkedok lowongan kerja mungkin tidak asing lagi bagi kita. Bahkan beberapa orang sudah menjadi korban. Penipuan ini membuat kerugian bagi korbannya baik uang, harga diri, waktu, tenaga, dan lain-lain.
Penipuan ini biasanya sangat terorganisir dengan mengatasnamakan PT/Perusahaan tertentu. Contoh perusahaan penipu yang masih tetap mengincar korbannya adalah PT Mitra Utama Global. Sampai saat ini, sepanjang pengamatan saya, korban tiap hari dari PT Mitra Utama Global ratusan orang karena memiliki cabang di hampir seratus cabang di seluruh Indonesia. Yang mengherankan adalah, tidak ada tindakan nyata dari pihak yang berwajib untuk melindungi warga.
Saya berpikir bahwa pihak berwajib menunggu laporang resmi dari warga yang tertipu. Apakah memang begini prosedur dalam penanganan penipuan. Pihak berwajib hanya tidur di kantor, atau duduk sambil ngopi menunggu laporan warga. Apakah memang tidak ada tindakan preventif atau semacam intel yang bertugas untuk melindungi warga? Setelah saya coba cari referensi di internet, pihak Kepolisian sudah tahu tentang hal ini. Mengapa kepolisian belum juga bergerak untuk mengusut kasus penipuan berkedok lowongan kerja, salah satunya yang di lakukan oleh PT Mitra Utama Global? Ada apa? Mengapa? Sebuah pertanyaan besar timbul bagi saya sebagai rakyat kecil yang tidak tahu apa-apa.
Keheranan kedua adalah kepada pihak Dinas Tenaga Kerja. Sampai di mana mereka bekerja dan melindungi pekerja? Apakah Disnaker tidak melakukan pengawasan kepada perusahaan yang melakukan pelanggaran? Atau Disnaker tidak mengetahui masalah penipuan berkedok lowongan kerja ini? Ataukah petugas Disnaker dan Kepolisian sama, menunggu laporan warga yang sudah tertipu? Atau menutup telinga, karena ada hal-hal “tertentu”? Di mana fungsi pengawasan mereka?
Saya berharap, bagi pembaca artikel ini agar membantu dan mensupport mengungkap kasus ini. saya tidak ada maksud apa-apa, saya hanyalah salah satu korban dari ribua korban lain. Dan sangat berharap tidak ada lagi korban selanjutnya, mereka sudah susah mencari pekerjaan, kok ditipu lagi. Bagi petugas yang berwenang, baik di Kepolisian maupun di Disnaker, tolong perhatikan masalah ini…!!!

13 Komentar

  1. mas admin atau siapapun yang baca ini tolong laporkan orang ini kerja di pt. mitra utama global
    cabang gunungsari 5e surabaya
    085645631013 nama orang ini supriyadi atau panggilannya sinyo
    saya adalah korban perusahaan ini dan tidak tau harus berbuat apa
    tolong bagi pembaca yang punya kekuatan hukum di bereskan perusahaan penipu ini agar tidak terjadi korban yang lebih banyak lagi

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas informasi nya,,dan smoga saja mereka tidak bisa lolos dari jeratan hukum,,!!!

    BalasHapus
  3. saya baru aja tertipu 300ribu. . :(

    BalasHapus
  4. thank atas infonya saya juga hampir tertipu dg yg di iming2kan pt mitra global utama.

    BalasHapus
  5. RIFKY MANGKULANGIT31 Oktober 2012 pukul 14.49

    untung gua gak kena tipu .... hahaha PT.MODUS !!

    BalasHapus
  6. thanks artikelnya...
    saya rizki..
    tadi banget nerima sms dari pt mitra utama global..
    anehnya pas nyoba ngelamar lg ke pt lain namanya beda tapi alamat perusahaannya sama..
    kawan hati hati ea...
    banyak modus penipuan sekarang ini..

    BalasHapus
  7. saya kemarin iseng2 coba sms dengan nama palsu, lalu dibalas ternyata benar mrka memakai nama pt utama di jl saharjo.. krn kesel lalu saya balas: tipuuu... masa sore di sms lagi untuk panggilan kerja dan anehnya bsok pagi jam 6 saya udh di sms lagi ngingetin utk interview.. hadeeehhh,,, bnr2 dh ga masuk akal bgt, mana ada prshn cari karyawan via sms udh gitu ga liat waktu lagi sms jam 6 pagi...mdh2n cpt diambil tindakan sma yg berwajib/depnaker agar tdk ada lagi penipuan maupun korban..

    BalasHapus
  8. wah terima kasih sharing artikelnya, untung saya nyari info dulu di internet, Alhamdulillah saya terhindar dari penipuan...

    Mana nih Petugas Pemerintah???? hadeeehhh... ayo bertindak dooooonnnnnkkkkkkk... TANGKAP NIH PARA PENIPUNYA DI PT MITRA UTAMA GLOBAL cuuuukkk....!!!

    BalasHapus
  9. saudaraku ajah udah bayar 600.000
    sekarang udah mulai kerja..
    gimana donk..
    udah tk kasih tahu kalau itu cuman akal-akalan aj bahkan udh tk suruh baca artikel di internet..
    tp dia bersikeras tetep masuk dan bilang klo dsuruh bayar it udh biasa katanya...aplg buat training sebulan katanya..

    ya udah mau gimana lagi..dianya dibilangin gg mau..
    takutnya klo dia betah disitu dan jd penipu jg..
    semoga cepet keluar deh dia..

    BalasHapus
  10. sy jg baru dipanggil uk interview yg sma persis history nya, tp nama PT nya PT. Global Siantar Tech, apa mungkin yh ini termasuk cabangnya ?? untung sy langsung tolak #PARAH

    BalasHapus
  11. hampir saja..saya jg ada panggilan interview,tp insting saya kok berkata lain..kaya gk cocok aja,nyari2 di goegle trnyata bener PT MODUS.
    oh iya klo ada lowongan kerja bagi2 yah,lg butuh kerja,dah merid soalnya..
    terima kasih.
    email dedi_java@ymail.com

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال