Hubungan Emosi dengan Ekspresi

Emosi mempunyai hubungan yang sangat erat dengan ekspresi tubuh. Bahkan beberapa penjelasan dalam psikologi populer, menggunakan ekspresi tubuh manusia untuk mengetahui emosi seseorang. Walau penjelasan dalam psikologi populer ini belum banyak penelitian ilmiah yang mengungkapnya, tetapi cukup banyak yang mempercayai bahwa emosi dapat dilihat dari ekspresi tubuh.
Ekspresi memang merupakan gambaran dari emosi, dengan semua proses vegetatif dan motorik yang menyertainya. Ekspresi inilah yang dimengerti oleh partner komunikasi sebagai tanda dari emosi tertentu yang dikirimkan oleh seseorang dalam suatu situasi komunikasi. Tergolog dalam ekspresi ini adalah tanda-tanda yang ditangkap atau tampak secara visual, seperti gerakan otot wajah (mimik), gestikulasi, gerakan tubuh keseluruhan (pantomimik), proses vegetatif kulit (misalnya muka memerah), dan gerakan mata (seperti perubahan pupil mata).
Selain itu ekspresi juga meliputi tanda-tanda yang ditangkap secara auditif misalnya melalui vokalisasi, yang bisa terlihat dalam wujud tempo, nada atau ritme bicara. Sebagian dari bentuk ekspresi tersebut dibawa sejak lahir, dan sebagian lainnya dipelajari dari lingkungan individu dibesarkan (misalnya melalui imitasi).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال