Definisi Perilaku Agresi

Definisi Agresi adalah melakukan penyerangan baik fisik, psikis maupun verbal kepada orang lain Menurut Buss (dalam Morgan, 1989), definisi perilaku agresi adalah suatu perilaku yang dilakukan untuk menyakiti, mengancam atau membahayakan individu- individu atau objek-objek yang menjadi sasaran perilaku tersebut baik (secara fisik atau verbal) dan langsung atau tidak langsung.
Menurut Atkinson (1999), perilaku agresi adalah perilaku yang dimaksudkan untuk melukai orang lain atau merusak harta benda. Menurut Goble (1987) agresi adalah suatu reaksi terhadap frustrasi atau ketidakmampuan memuaskan kebutuhan-kebutuhan psikologis dasar dan bukan naluri.
Baron dan Bryne (2000) mendefinisikan perilaku agresi sebagai suatu bentuk perilaku yang ditujukan untuk melukai atau mencelakakan individu lain yang tidak menginginkan datangnya perilaku tersebut.
Berdasarkan definsi agresi tersebut diatas didapat empat pengertian mengenai agresi, yaitu:
  1. Agresi merupakan suatu bentuk perilaku bukan emosi, kebutuhan atau motif
  2. Agresi mempunyai maksud untuk mencelakakan korban yang dituju
  3. Agresi yaitu makhluk hidup bukan benda mati
  4. Korban dari perilaku agresi ini tidak menginginkan atau menghindarkan diri dari perilaku pelaku agresi.
Berdasarkan beberapa defenisi agresi yang dikemukakan oleh para ahli dapat ditarik kesimpulan secara umum bahwa perilaku agresi adalah suatu bentuk perilaku yang merupakan reaksi terhadap frustasi atau ketidakmampuan memuaskan kebutuhan-kebutuhan psikologis dasar yang ditujukan untuk mencelakakan atau melukai makhluk hidup atau benda mati baik secara fisik atau verbal, baik secara langsung atau tidak langsung.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال