Jenis-jenis Kecemasan


Dalam keseharian, kita tidak luput dari rasa kecemasan yang mengancam diri/ego. Ada beberapa hal yang membuat diri/ego kita yang membuat rasa tidak aman. Dalam hal ini, Freud mengatakan “life is not easy”, dan memang hidup ini tidak mudah.

Menurut Freud, ada tIga jenis kecemasan yang sering dialami manusia. Kecemasan itulah adalah kecemasan realistic, kecemasan moral, dan kecemasan neurotic.

Kecemasan realistic

Secara normal, kecemasan realistic ini sering dialami dalam kehidupan sehari-hari. Kecemasan realistic disebut juga dengan rasa takut. Contoh dari kecemasan ini sangat jelas, karena sumber kecemasan memang membayakan secara fisik, seperti jika saya melemarkan seekor ular kedepan anda, anda akan mengalami kecemasan realistic ini.

Kecemasan moral

Ini akan kita rasakan ketika ancaman bukan dari luar, dari dunia fisik, tapi dari dunia sosial superego yang telah terintegrasi dalam diri kita. Kecemasan moral ini adalah antara lain dari rasa malu, rasa bersalah atau rasa takut mendapatkan sanksi.

Kecemasan Neurotik

Perasaan takut jenis ini muncul akibat rangsangan-rangsangan id. Kalau anda pernah merasakan “kehilangan id”, gugup, tidak mampu mengendalikan diri, perilaku, akal dan bahkan pikiran anda, maka anda saat itu sedang mengalami kecemasan neurotic. Kecemasan jenis ini yang merupakan sumber terbanyak yang membuat seseorang terganggu secara psikologis.

 

Referensi:

Mark Durank & David Barlow. 2007. Psikologi Abnormal. Yogyakart: Pustaka Pelajar

Zaviera Ferdinand. 2007. Teori Kepribadian Sigmund Freud. Yogyakarta: KTD

Carol Wade & Carol Tavris. 2007. Psikologi. Jakarta: Erlangga

 

 

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال