Tanda-tanda Fobia Sosial

Apakah anda seorang yang pemalu? Atau tidak percaya diri didepan orang banyak, apalagi jika diminta berbicara didepan orang ramai? Awas, anda mengalami fobia sosial.
Fobia sosial lebih dari sekedar sikap pemalu yang berlebihan. Fobia sosial adalah ketakutan dan perilaku menghindar yang ekstrem, menetap, dan irasional terhadap situasi-situasi sosial yang melibatkan performa (sikap/tingkahlaku).
Dibawah ini tanda-tanda fobia sosial berdasarkan DSM IV-TR:
  1. Ketakutan yang berat dan persistem terhadap sebuah (atau lebih) situasi sosial atau situasi yang terkait berhubungan dengan performa, yang membuat individu harus berhadapan dengan orang-orang yang tidak dikenalinya atau menghadapi kemungkinan diamati oleh orang lain, takut bahwa dirinya akan dipermalukan atau dihina. 
  2. Keterpaparan pada situasi sosial yang takuti hampir selalu membangkitkan kecemasan, kadang-kadang dalam bentuk serangan panic. 
  3. Kesadaran (pada orang dewasa) bahwa ketakutan itu berlebih-lebihan dan tidak masuk akal. 
  4. Situasi sosial atau performa yang ditakuti dihindari atau dijalani dengan anxietas (kecemasan) atau distress yang intens.
  5. Perilaku menghindar, antisipasi yang penuh kecemasan, atau distress itu secara signifikan mengganggu kehidupan dan kemampuan untuk berfungsi secara sehat.
Inilah tanda-tanda seseorang yang mengalami fobia sosial. Fobia sosial sangat mengganggu kehidupan pribadi yang bersangkutan, seperti terganggunya pekerjaan, karir dan lain-lain.

2 Komentar

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Lalu, langkah konkrit bwt ngatasin fobia sosial gmn donk??

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال