Konsep Baik & Buruk Perspektif Filsafa & Islam (Akhlak & Tasawwuf)

PENGERTIAN BAIK DAN BURUK
Dari segi marfologi bahasa. Baik dan buruk berasal dari kata khair (bahasa Arab) dan good (bahasa Inggris). Baik dan buruk adalah sesuatu yang mendatangkan rahmat, memberikan perasaan senang atau bahagia. Secara kebahasaan khair mengandung arti segala sesuatu yang didalamnya terkandung kebaikan dan membawa mamfaat bagi manusia, baik dalam masalah agama maupun urusan duniawi. Lawannya adalah syarr yang biasa diterjemahkan dengan keburukan. Kebaikan disebut nilai (value), apabila kebaikan itu bagi seseorang menjadi kebaikan yang konkret.
Pengertian diatas menggambarkan bahwa yang disebut baik atau kebaikan adalah segala segala sesuatu yang berhubungan dengan yang luhur, bermartabat, menyenangkan, dan disukai manusia. Kesempurnaan, keharuan, kepuasan, kesenangan, kesesuaian, kebenaran, kesesuaian dengan keinginan, mendatangkan rahmat, memberikan perasaan senang dan bahagia dan yang sejalan dengan itu adalah merupakan sesuatu yang dicari dan diusahakan manusia, karena semuanya itu dianggap sebagai yang baik atau mendatangkan kebaikan bagi dirinya.
Buruk, dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah syarr, dan diartikan sebagai sesuatu yang tidak baik, yang tidak seperti yang seharusnya, tak sempurna dalam kualitas, dibawah standar, kurang dalam nilai, tak mencukupi, keji, jahat, tidak bermoral, tidak menyenangkan, tidak dapat disetujui, tidak dapat diterima, sesuatu yang tercela, lawan dari baik, dan perbuatan yang bertetangan dengan norma-norma masyarakat yang berlaku. Dengan demikian, yang dikatakan buruk adalah sesuatu yang dinilai sebaliknya yang dikatakan baik,dan tidak disukai kehadirannya oleh manusia.
PENENTUAN BAIK DAN BURUK


Download file selengkapnya disini...

Ardi al-Maqassary

"Aku melihat, diujung sana, ada setitik cahaya yang terang benderang. Akan kuraih cahaya itu, dan membagikannya kepada seluruh manusia!!!"

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال