GANGGUAN KESEHATAN AKIBAT PENGGUNAAN KOMPUTER

Gangguan Kesehatan Akibat Penggunaan Komputer yang terlalu lama dan tidak memperhatikan aspek kesehatan dan ergonomic tempat kerja dapat berakibat pada:
Gangguan Muskuloskeletal
Gangguan muskuloskeletal yang ditimbulkan akibat penggunaan komputer mulai dari kelemahan otot dan tendon atau nyeri leher dan punggung sampai dengan trauma yang kumulatif. Penyebab gangguan muskuloskeletal ini antara lain postur tubuh yang tidak sesuai terjadi terus menerus saat menggunakan komputer, penyokongan punggung yang tidak sesuai, duduk dengan posisi yang sama dengan jangka waktu yang lama dan desain yang tidak ergonomis (baik desain stasiun kerja maupun desain alat kerja).
Nyeri Tangan
Banyak yang mengkhawatirkan komputer bisa memicu carpal tunnel syndrome, tetapi peneliti dari Harvard Medical School membantahnya beberapa tahun lalu. Walaupun begitu, penggunaan keyboard dan mouse dalam waktu lama bisa menyebabkan kesemutan, nyeri hingga mati rasa. Untuk menghindarinya, pastikan posisi keyboard dan mouse benar.
Computer Vision Syndrome (CVS)
The American Optometric Association  Penyakit ini banyak dialami oleh para pengguna komputer karena saat penglihatan menjadi kabur, maka pengguna komputer akan mengubah posisi tubuh maju mendekatkan diri agar dapat melihat objek yang ada di monitor lebih jelas. Dari sebuah hasil penilitan yang dipublikasikan oleh The Journal of Epidemiology and Community Health, pengguna berat komputer memiliki kelainan penglihatan, termasuk didalamnya Myopi dan Glaucoma. Penderita akan mengalami mata lelah ,nyeri, penglihatan kabur, sakit kepala, dan sebagainya. Gejala sindrom ini adalah mata perih, sensitive terhadap cahaya, nyeri pada leher dan punggung.
Repetitive Strain Injury (RSI)
Gangguan kesehatan ini ditimbulkan akibat penggunaan komputer dalam jangka panjang. Repetitive Strain Injury (RSI) terjadi karena gerakan fisik yang berulang-ulang menyebabkan kerusakan pada tendon, saraf, otot dan jaringan lainnya. Peningkatan penggunaan komputer dengan kecepatan yang tinggi dalam mengetik menyebabkan cedera pada tangan, lengan, dan bahu. Yang termasuk dalam RSI antara lain sakit leher, nyeri punggung, Carpal Tunnel Syndrome,  DeQuervains Tenosynovitis, Thorscic Outlet Syndrome, Shoulder Impingement Syndrome, dan tennis Elbow. 
Carpal tunnel syndrome (CTS)
Carpal tunnel syndrome (CTS) adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena terganggunya saraf tengah karena tekanan yang terjadi pada bagian pergelangan tangan hal ini menimbulkan rasa sakit, nyeri dan melemahnya otot otot pada bagian pergelangan tangan. CTS yaitu sebuah gangguan yang terjadi pada pergelangan tangan karena sirkulasi darah tidak berjalan dengan benar akhirnya banyak lemak yang menumpuk disana dan menyebab rasa sakit di sekitar pergelangan. Sebuah penelitian terhadap pertumbuhan badan juga menunjukkan bahwa ketidak aktifan fisik dalam waktu yang lama meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, diabetes, kanker dan obesitas.
Stress
Penggunaan komputer dapat menimbulkan stress, seperti yang ditemukan NIOSH (The National Institute of Occupational Safety and Health). NIOSH menemukan bahwa operator komputer memiliki tingkat stress yang lebih tinggi dibandingkan dengan pekerjaan lain. Tipe stres yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan komputer tidak memiliki perbedaan dengan tipe stres yang ada didalam kehidupan.
Penyakit batu ginjal
Penyakit batu ginjal dapat menyerang bila seringkali duduk terlalu lama, sering menahan buang air kecil dan kurang mengkonsumsi air putih. Penyakit batu ginjal muncul bila selama makanan yang dikonsumsi memiliki kalsium tinggi dan kaya akan oksalat yang susah larut ke dalam organ tubuh sehingga terjadi infeksi saluran kemih yang mengakibatkan timbulnya penyumbatan di urin.
Penyakit wasir atau ambeien dan sembelit
Penyakit wasir atau ambeien dan sembelit dapat menyerang bila duduk terlalu lama dan tidak diimbangi dengan minum air dan makan buah yang cukup, serta kurang bergerak. Kondisi sembelit terjadi apabila susah buang air besar meski perut terasa sudah penuh. Ketika dipaksakan buang air besar maka terjadilah pendarahan pada dubur dan timbul benjolan yang menandai penyakit wasir.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar