PENILAIAN PRAKTIK LANGSUNG

Penilaian Praktik Langsung ada beberapa pendekatan. Hein merekomendasikan beberapa pendekatan yang dapat digunakan dalam menilai praktik langsung, meliputi mengobservasi anak saat bekerja, menguji hasil karya anak, dan mengevaluasi gambar atau tulisan anak. Gaffney, Tippins, dan Dana juga mengemukakan teknik penilaian lain, meliputi diskusi grup, jurnal, dan wawacara anak (Haury & Rillero, 1994).
Daftar cek observasi adalah alat penilaian yang mudah serta fleksibel. Nott dan Reve berpendapat bahwa daftar cek dapat mengukur kemampuan anak dalam praktik langsung secara instan. Perlu adanya rubrik yang mendukung data pada daftar cek (Haury & Rillero, 1994).
Portofolio telah menjadi alat penting dalam kegiatan belajar mengajar sains. Menurut Collins, portofolio terdiri dari dokumen–dokumen yang berisi bukti pencapaian anak selama pembelajaran. Lebih lanjut, Flick mengatakan bahwa portofolio dapat berupa foto, diagram, gambar, dokumen komputer, dan video. Tippins dan Dana juga berpendapat portofolio membuat guru dan siswa bekerja dan belajar bersama. Hal ini memberikan kesempatan untuk refleksi diri dan self–assessment (Haury & Rillero, 1994).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar