TEKNIK MENULIS BERITA

Sorang insane pers, harus mengetahui Teknis Menulis Berita dengan baik. Melalui reportase dan wawancara didapatkan informasi untuk ditulis menjadi berita sesuai dengan rumus penulisan berita 5W + 1H. unsur tersebut meliputi : What, Who, When, Where, Why, dan How.
Adapun cara menuliskan dapat ditampilkan dengan bentuk piramida terbalik bangunan piramida terbalik ini sering digunakan dalam jenis berita berikut :
Soft News (berita ringan)
Berita ini ditulis dengan urut-urutan bab, tubuh, dan penutup. Untuk lebih menarik perhatian pembaca, fakta yang paling penting disajikan di awal, sebagai sudut pandang dimulainya tulisan. Dalam tubuh tulisan harus ada eleboration untuk memperjelas berita yang kemudian bagian akhir ditutup dengan cath-all yang mengemukakan hal-hal yang masih ada hubungannya dengan materi berita tetapi tidak terlalu penting, dan berisi tentang kesimpulan dan saran.
Interpretatif News
Berita ini disebut sebagai berita fakta, peristiwa atau kejadian yang diberi interpretasi, kejadian, peristiwa. Kejadian dipandang sebagai salah satu mata rantai yang mempunyai penyebab dan akibat. Latar belakang ini dipakai untuk memperjelas kedudukan fakta, sehingga rangkaian sebab akibat yang melahirkan fakta dapat diketahui. Struktur penulisannya adalah pertama membuat bab, kemudian menuliskan fakta yang hendak dituturkan, lalu diakhiri dengan penjelasan akhir tulisan tentang apa sebab dan apa akibat yang bisadiminta dari pakar yang sesuai dengan bidangnya.
Human Interest News
Struktur penulisan berita ini berbeda dengan Soft News dan Intepretatif News, karena berita ini menghadirkan berita mengenai orang yang disusun dengan struktur, bab, kemudian fakta, penulisan suasana yang menyentuh, yang dikemukakan sesuai kebutuhan sesudah penulisan fakta.
Dalam tehnis penulisan berita selain unsur 5W + 1H dengan gaya piramida terbalik, tidak terlepas dari bahasa jurnalistik dengan gaya bahasa yang lugas, tidak berbunga-bunga dan bertele-tele.
Hal penting yang harus dipegang dalam gaya dan teknik penulisan berita adalah:
  1. Laporan berita yang bersifat menyeluruh.
  2. Ketertiban dan keteraturan mengikuti gaya menulis berita.
  3. Tepat dalam penggunaan bahasa dan tata bahasa.
  4. Penerapan kata yang ekonomis.
  5. Gaya penulisan yang hidup, punya makna, warna dan imaginasi. 
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar