Sifat Laporan Keuangan

Sifat laporan keuangan adalah bersifat umum, historis dan konservatif. Laporan keuangan dipersiapkan atau dibuat dengan maksud untuk memberikan gambaran atau laporan kemajuan (progress report) secara periodik yang dilakukan pihak manajemen yang bersangkutan.
Jadi sifat laporan keuangan adalah sebagai berikut:
  1. Laporan keuangan adalah laporan bersifat historis yang tidak lain merupakan laporan atas kejadian-kejadian yang telah lewat.
  2. Laporan keuangan bersifat umum dan bukan untuk memenuhi keperluan tiap-tiap pemakai. Data-data yang disajikan dalam laporan keuangan itu berkaitan satu sama lain secara fundamentil.
  3. Laporan keuangan bersifat konservatif dalam sikapnya menghadapi ketidakpastian.
Sifat laporan keuangan ini merupakan hasil dari suatu kombinasi antara:
Fakta-fakta yang telah dicatat
Laporan keuangan ini dibuat atas dasar fakta dari catatan akuntansi seperti jumlah piutang persediaan barang dagangan, hutang maupun aktiva tetap yang dimiliki perusahaan. Pencatatan ini berdasarkan catatan historis dari peristiwa-peristiwa yang telah terjadi masa lampau.
 Prinsip-prinsip dan kebiasaan di dalam akuntansi
Data yang dicatat itu berdasarkan pada prosedur dan maupun anggapan-anggapan tertentu yang merupakan prinsip-prinsip akuntansi yang lazim (General Accepted Accounting Principle) dan hal ini dilakukan dengan tujuan memudahkan pencatatan.
Pendapat pribadi
Walaupun pencatatan transaksi telah diatur oleh konvensi-konvensi atau dalil-dalil yang sudah ditetapkan yang sudah menjadi standar praktek perusahaan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar