Segmentasi Pasar Internasional

Terdapat beberapa variabel untuk melakukan segmentasi pasar internasional. Beberapa peruasahaan memiliki baik sumber daya maupun keinginan untuk beroperasi di semua, atau hampir semua, negara-negara yang ada di dunia. Walaupun perusahaan besar menjual produk-produk ke hampir 200 negara, kebanyakan perusahaan internasional memfokuskan kerjanya pada wilayah yang lebih kecil. Beroperasi di banyak negara menawarkan tantangan-tantangan baru. Jadi perusahaan perlu mengelompokan pasar dunia mereka ke dalam segmen-segmen dengan perilaku dan kebutuhan pembelian yang khas.
Perusahaan dapat mensegmentasi pasar internasional dengan menggunakan satu atau lebih kombinasi sejumlah variable. Mereka bisa mensegmen berdasarkan lokasi geografis. Segmentasi geografis berasumsi bahwa negara-negara yang saling berdekatan akan memiliki banyak ciri dan perilaku yang sama. Walaupun kadangkala hal itu terjadi, akan tetapi banyak sekali pengecualian.
Pasar dunia juga dapat disegmentasi berdasarkan basis faktor ekonomi. Contohnya, negara dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat pendapatan populasi atau berdasarkan tingkat perkembangan ekonomi secara keseluruhan. Struktur ekonomi perusahaan membentuk struktur kebutuhan produk dan jasa populasi mereka, oleh karenanya struktur ekonomi sehingga dia menawarkan peluang pemasaran.
Negara dapat disegmentasi berdasarkan faktor politik dan hukum, seperti tipe dan stabilitas pemerintahannya, tingkat penerimaan terhadap perusahaan asing, peraturan moneter, dan banyaknya birokrasi. Faktor-faktor seperti itu, bisa memainkan peran penting ketika perusahaan memilih negara mana yang akan dia masuki dan bagaimana caranya. Mensegmentasi pasar internasional berdasarkan basis geografis, ekonomis, politik, budaya, dan factor-faktor lain, mengasusmsikan bahwa segmen-segmen itu harus terdiri dari kelompok-kelompok yang terwujud negara. Akan tetapi, banyak perusahaan menggunakan pendekatan yang berbeda disebut segmentasi antar pasar (Sumber: Kotler & Armstrong, 2003, Dasar-Dasar Pemasaran).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar