Pengertian Penetapan Harga

Ada beberapa pengertian penetapan harga. Harga merupakan salah satu unsur variabel non produk yang paling sensitif bagi konsumen karena mempunyai peranan penting dimata konsumen sebagai pertimbangan dalam keputusan pembelian suatu produk. Oleh karena itu, penetapan harga yang baik dan sesuai dengan harapan konsumen akan mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian ulang.
Dari sudut pandang pemasaran, harga merupakan ukuran atau nilai dari barang dan jasa yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang atau jasa.
Pengertian harga menurut Stanton terjemahan Y. Lamarto (1996), yaitu: Harga adalah nilai yang disebutkan dalam rupiah dan sen atau medium moneter lainnya sebagai alat tukar. Harga juga bisa diartikan sebagai jumlah uang (kemungkinan ditambah beberapa barang) yang dibutuhkan untuk memperoleh beberapa kombinasi sebuah produk dan pelayanan yang menyertainya.
Pengertian penetapan harga menurut Malcom H.B. Mc Donald dan Warren J. Keegan (1997) yang diterjemahkan oleh Damos Sihombing, menyatakan bahwa: “Penetapan harga adalah elemen yang sangat penting dari rencana pemasaran, dalam penetapan harga ada dua batas yang harus diperhatikan, yaitu sebagai batas bawah dan biaya sebagai batas bawah”.
Sedangkan menurut Wiliam J. Stanton (1996) pengertian penetapan harga adalah: “Kebijakan penetapan harga adalah tuntutan atau pedoman tentang harga yang akan diperlukan untuk membuat keputusan dimasa yang akan datang bilamana situasi menuntutnya”.
Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa penetapan harga adalah sebagai suatu rencana yang menentukan pedoman untuk pengambilan keputusan yang akan dilakukan oleh suatu perusahaan mengenai harga jual produk. Dan secara umum harga yang ditawarkan tidak boleh lebih besar dari tawaran yang dikeluarkan para pesaing ataupun dalam jangka lebih rendah biaya, sebab penetapan harga tidak hanya mempengaruhi marjin keuntungan melalui dampaknya pada pendapatan perusahaan, tetapi juga mempengaruhi jumlah barang  yang terjual melalui pengaruhnya pada permintaan. Jadi penetapan harga mempunyai dampak interaktif pada elemen-elemen bauran pemasaran lainnya. Selain itu juga keputusan penetapan harga sangat berdampak besar terhadap sejumlah kelompok masyarakat atau pihak-pihak yang berkepentingan, misalnya konsumen, karyawan, masyarakat dan pesaing.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar