Pengertian Harga Jual

Pengertian Harga jual adalah sejumlah kompensasi (uang ataupun barang) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi barang atau jasa. Perusahaan selalu menetapkan harga produknya dengan harapan produk tersebut laku terjual dan boleh memperoleh laba yang maksimal.
Hansen dan Mowen (2001) memberikan pengertian harga jual adalah jumlah moneter yang dibebankan oleh suatu unit usaha kepada pembeli atau pelanggan atas barang atau jasa yang dijual atau diserahkan”. Menurut Mulyadi (2001) “pada prinsipnya harga jual harus dapat menutupi biaya penuh ditambah dengan laba yang wajar. Harga jual sama dengan biaya produksi ditambah mark-up”.
Harga merupakan suatu hal penting, dimana harga merupakan komponen besar dari kepuasan konsumen. Nilai  produk adalah apa yang dirasakan konsumen, jadi pembeli menetapkan nilai produk dari produk. Dari sudut pandang produsen, harga tentu saja mempunyai peranan yang sangat penting, dimana harga ditentukan oleh berapa besar pendapatan yang ingin mereka peroleh. Banyaknya jumlah produk sangat dipengaruhi oleh harga jual produk itu sendiri. Jadi harga jual merupakan hal penting atas suatu produk yang dijual baik bagi produsen maupun konsumen.
Harga adalah nilai barang atau jasa yang diungkapkan  dalam satuan rupiah (Rp) atau satuan nilai uang lainnya. Sedangkan harga jual adalah nilai yang dibebenkan kepada pembeli atau pemakai barang atau jasa. Dalam hal ini harga jual merupakan suatu yang dapat digunakan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang atau jasa serta pelayanannya.
Menurut Supriyanto pengertian harga jual dalam buku Akuntansi Manajemen 3 adalah sebagai berikut:
“Harga jual adalah moneter yang dibebankan oleh suatu unit kepada pembeli atau pelanggan atas barang atau jasa yang dijual atau diserahkan”.
Dalam Manejemen Tradisional, produsen menentukan harga jual produk atau jasa dengan berangkat dari taksiran biaya penuh (Full Cost) produk atau jasa kemudian ditambah dengan laba yang diharapkan, sehingga formula harga jual produk atau jasa terlihat sebagai berikut, seperti yang dipaparkan oleh Mulyadi dalam bukunya Sustem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen (2001) sebagai berikut:
Harga Jual adalah Biaya Penuh (Full Cost) ditambah Laba memadai yang diharapkan”
Pada prinsipnya rumus perhitungan harga jual adalah seperti yang dipaparkan oleh Mulyadi dalam bukunya Akuntansi Manajemen (1993) sebagai berikut:
“Harga Jual = Biaya Produksi ditambah Biaya Non Produksi ditambah Laba yang diharapkan”
Tujuan pokok penentuan harga jual adalah sebagai berikut:
  • Mencapai target penjualan (Return On invesment)
  • Memaksimumkan laba
  • Meningkatkan penjualan dan mempertahankan atau memperluas pangsa pasar
  • Menstabilkan harga
Dari pengertian harga jual di atas dapat disimpulkan bahwa harga jual adalah sejumlah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memproduksi suatu barang atau jasa ditambah dengan persentase laba yang diinginkan perusahaan, karena itu untuk mencapai laba yang diinginkan oleh perusahaan salah satu cara yang dilakukan untuk menarik minat konsumen adalah dengan cara menentukan harga yang tepat untuk produk yang terjual. Harga yang tepat adalah harga yang sesuai dengan kualitas produk suatu barang dan harga tersebut dapat memberikan kepuasan kepada konsumen.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar