Pengertian Biaya Kualitas

Pengertian biaya kualitas adalah biaya yang terjadi atau mungkin akan terjadi karena kualitas yang buruk. Menurut Blocher, dkk (2000), biaya kualitas didefinisikan sebagai biaya-biaya yang berkaitan dengan pencegahan, pengidentifikasian, perbaikan produk yang berkualitas rendah dan dengan opportunity cost dari hilangnya waktu produksi dan penjualan sebagai akibat dari rendahya kualitas. Jadi biaya kualitas adalah biaya yang berhubungan dengan penciptaan, pengidentifikasian, perbaikan, dan pencegahan kerusakan.
Memperbaiki kualitas secara terus menerus merupakan sesuatu yang penting dalam membangun masa depan bisnis yang berkelanjutan. Perbaikan kualitas merupakan aktivitas yang memerlukan biaya.
Pengertian kualitas dapat dipahami dari beberapa definisi di bawah ini:
Menurut Hansen and Mowen dalam Dewi Fitriasari dan Deny Arnos Kwary (2009), biaya kualitas adalah:“Biaya-biaya yang timbul karena kualitas yang rendah mungkin atau telah terjadi”
Menurut Blocher et al dalam Susty Ambarriany (2000) biaya kualitas adalah:“Biaya-biaya yang berkaitan dengan pencegahan, pengidentifikasian, perbaikan, dan pembetulan produk yang berkualitas rendah dengan opportunity cost dari hilangnya waktu produksi dan penjualan sebagai akibat rendahnya kualitas.”
Sedangkan menurut Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana (2003), biaya kualitas adalah: “Biaya yang terjadi atau mungkin akan terjadi karena kualitas yang buruk.”
Biaya kualitas merupakan biaya yang terjadi karena adanya kesadaran akan perlunya menghindari kesalahan sehingga tidak terjadi pemborosan atau biaya yang terjadi karena adanya kesalahan pada produk yang sudah terlanjur terjadi dan harus diperbaiki.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar