Pengertian Atribut Produk

Menurut Kotler yang diterjemahkan oleh Fandy Tjiftono dalam buku Strategi Pemasaran I (1995) menyatakan pengertian Atribut produk sebagai unsur–unsur penting oleh konsumen dan dijadikan dasar keputusan pembelian”.  Sedangkan menurut Henri Simamora dalam buku Manajemen Pemasaran Internasional (2000) menyatakan bahwa: Atribut produk adalah manfaat-manfaat yang akan diberikan oleh produk, manfaat-manfaat ini dikomunikasikan dan dipenuhi oleh atribut produk yang berwujud seperti : merek produk, mutu produk, ciri-ciri produk, desain produk, label produk, kemasan produk serta layanan pendukung produk, atribut-atribut ini sangat mempengaruhi reaksi konsumen terhadap sebuah produk.
Atribut produk adalah unsur-unsur produk yang dipandang penting oleh konsumen dan dijadikan dasar pengambilan keputusan. Sedangkan menurut Asri atribut produk sebagai komponen sifat-sifat produk yang secara bersama-sama memuaskan kebutuhan seseorang baik yang kentara maupun yang tidak kentara seperti warna, pembungkus, harga, prestise, manfaat dan sebagainya.
Kotler & Armstrong menyatakan bahwa atribut produk merupakan pengembangan suatu produk atau jasa melibatkan penentuan manfaat yang akan diberikan. Manfaat ini dikomunikasikan dan diserahkan dan atribut produk seperti kualitas, fitur, dan rancangan.
Gitusudarmo menyatakan bahwa atribut produk adalah suatu komponen yang merupakan sifat-sifat produk yang menjamin agar produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan yang diharapkan oleh konsumen.
Berdasarkan definisi-definisi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa atribut produk merupakan bagian dari strategi produk yang dianggap penting dan perlu diperhatikan dan dievaluasi oleh konsumen dalam proses pembuatan keputusan pembelian.
Melalui atribut produk diharapkan dapat merubah persepsi konsumen terhadap produk yang ditawarkan sehingga memudahkan konsumen dalam mengambil keputusan. Dan melalui atribut pulalah suatu produk akan dipandang oleh konsumen berbeda dengan produk yang dikeluarkan oleh pesaingnya. Perbedaan pandangan dan persepsi konsumen terhadap berbagai produk yang sejenis yang ditawarkan oleh berbagai perusahaaan kepada konsumen merupakan hasil dari penglihatan serta pengalaman konsumen terhadap atribut yang berbeda dengan jenis produk yang lain. Dan apabila perusahaan bisa memenuhi keinginan/ kebutuhan konsumen dengan memberikan atribut-atribut yang terbaik pada produknya, maka konsumen akan memandang produk tersebut berbeda dan lebih baik daripada produk pesaingnya. Sehingga perusahaan dapat menempatkan posisi produknya kearah yang lebih baik.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar