Pemeriksaan Kanker Payudara

Pemeriksaan kanker payudara secara rutin sangat diperlukan untuk mendeteksi kanker payudara atau tumor sedini mungkin. Sering kali penderita mengetahui dirinya terkeana kanker payudara sesudah stadium lanjut sehingga sulit disembuhkan. Lebih dini kanker ditemukan dan mendapatkan penanganan yang tepat, akan memberikan kesembuhan dan harapan hidup yang lebih besar. Beberapa pemeriksaan payudara sendiri (Sadari) yaitu merupakan cara sederhana untuk mengetahui setiap perubahan yang terjadi pada payudara.
Sadari harus dilakukan setiap bulan oleh wanita setelah berumur 20 tahun. Meskipun sadari merupakan suatu teknik penyaringan yang sederhana, dan tidak mahal, tetapi sadari sangat efektif untuk mengetahui adanya kanker secara dini, tidak berbahaya, aman dan tidak menimbulkan nyeri (Luwia, 2003).
Cara pemeriksaan Sadari (Pemeriksaan payudara sendiri) menurut Bustan (2007) adalah sebagai berikut:
Pada saat mandi
Angkat sebelah tangan dengan menggunakan satu jari gerakkan secara mendatar perlahan-lahan ke semua tempat bagi setiap payudara. Gunakan tangan kanan untuk memeriksa payudara kiri, dan tangan kiri untuk payudara kanan. Periksa dan cari apabila terdapat gumpalan atau kebetulan keras, menebal di payudara.
Posisi berdiri di depan cermin
Mengankat kedua tangan ke atas kepala, putar-putar tubuh perlahan-lahan dari sisi kanan ke sisi kiri. Pinggang dicekak, tekan turun perlahan-lahan kebawah untuk menegakan otot dada dan membuat payudara condong ke depan. Perhatikan dengan teliti segala perubahan seperti besar, bentuk, dan kontur payudara. Lihat pula jika terdapat kekakuan, lekukan atau putting masuk ke dalam. Perlahan-lahan, pijit kedua kedua puting dan perhatikan jika terdapat cairan keluar. Periksa lebih lanjut apakah cairan itu jernih atau mengandung darah.
Posisi berbaring
Cara memeriksa payudara sebelah kanan, letakkan bantal di bawah bahu kanan dan tangan kanan diletakan di belakang kepala. Jari menekan payudara dan bergerak perlahan-lahan dalam bentuk bulatan kecil, bermula dari bagian pangkal payudara. Selepas satu putaran, jari digerakan I inci (2,5 cm) kearah putting. Ulangi hal yang sama pada payudara sebelah kiri dengan meletakkan bantal di bawah bahu kiri dan tangan kiri di belakang kepala. Coba rasakan apakah ada benjolan di payudara.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar