Kitab-Kitab Rujukan Syi’ah


Adapun kitab-kitab rujukan syi'ah adalah mereka tidak berpegangan dengan buku-buku hadist milik ahlussunnah, seperti Bukhari, Muslim, dan lainnnya tapi mempunyai riwayat tersendiri, dan bagi mereka lebih terpercaya ketimbang riwayat Ahlussunnah, karena riwayat itu datang dari jalur para imam ahli bait. kitab rujukan syiah dalam masalah hadist:
USHUL AL – KAFI
Ushul kafi (Al Kafi pd tahun 460H terdiri 30 kitab sedangkan pada tahun 1076 H menjadi 50 kitab) ini berpedoman pada buku induknya yaitu Al- hujjah yang didalamnya membahas :
  1. Apa itu rasul dan nabi ? nabi ialah dia yang melihat didalam tidurnya dan mendengaarkan suara serta tidak mengakusebagai raja, sedangkan rasul adalah seperti nabi akan tetapi ia mengaku ssebagai raja. Lalu apa derajat imam itu ? ia menjawab :" ia mendengarkan suara tapi tidak mendengar dan tidak menta'yin dirinya dengan raja kemudian ia membaca (Dari zararah dia bertanya kepada abu ja'far akan firman Allah al hajj :25, ayat ini yang telah dirubah oleeh Al Kailani dengan tujuan agar ia sampai pada derajat bahawa imam yaang mursal itu meberikan wahyu kepadanya.Dan periwaayatannya masih ada tiga riwayat) 
  2. Pada bab "sesunguhnya bumi itu tidak kosong dari hujjah" kailani menyebutkan ada 13 riwayat.
  3. Bab bahwa walau tidak kekal didunia ini kecuali dua orang laki laki yang salah satu dari mereka sebagai hujjah. Diriwayatkan dalam 5 riwayat.
  4. Bab kewajiban taat kepada imam imam . disebutkan 17 riwaayat.
  5. Bab bahwa imam imam suhada' atas ciptaanNya ada 5 riwayat dan telah banyak dirubah makna dari sebagian ayat ayat quran dengan menjadikan iamam ja'fariyah arrafhidhah mereka adalah syuhada' ats manusia.
  6. Bab bahwa imam mereka adalah penunjuk dan pemberi hidayah, diriwayatkan oleh 4 jalan periwayatannya dengan merubah makna ayat yang ketujuh dari surat Ar Ra'du. Menakwilkan makna penunjuk adalah imam Ali dan imam syiah ja'fariyah.
  7. Bab bahwa imam imam merupakan wali Allah yang diperintah dan mereka merupakan gudang ilmu , disebutkan ada 6 jalan periwayatannya .
  8. Bab bahwa imam imam itu merupakan khalifah Allah dibumi dengan 3 jalan periwayatannya.
  9. Bab bahwa imam imam tadi adalah cahaya Allah, 5 periwaayatannya .
  10. Bab bahwa imam imam, mereka merupakan rukun bumi
  11. Bab siapa yang disifati oleh Allah dalam kitabnya dengan ilmu kecuali kepada imam mereka , ada 2 jalur periwayatannya.
  12. Bab bahwa orang yang mendalami ilmunya mereka adalah para imam mereka , ada 3 jalan periwayatannya.
  13. Bab bahwa imam itu telah menuntut ilmu dan telah ditetapkan ilmu itu dalam dada mereka , ada 5 jalan periwaayatannya.
  14. Bab bahwa siapa yang dipilih oleh Allah mereka adalah yang diwarisi oleh Allah dan dipilih dari hambanya dan ini ada 4 jalur periwayatannya .
  15. Bahwa Alqur'an sebagai peunjuk bagi par imam mereka ada 2 jalur periwayatannya.
  16. Bahwa nikmat yang yang Allah sebutkan dalam kitab para imam imam, ada 4 jalur periwayatannya.
  17. Al mutawassimin adalah mereka yang disebutkan dalam kitabNya adalah mereka para imam yan gmendaapatkan jalan yang lurus, ada 5 jalur periwayatannya.
  18. Bahwa para imam itu adalah tempatnya ilmu dan pohonnya kenabian yang beda dengan malaikat ada 3 jalur periwayatannya.
  19. Bahwa imamaitu pewaris ilmu dan mewarisi sebagian yang lain dengan sebagaian lainnya.
  20. Bahwa imam itu pewaris ilmu nabi dan semua nabi nabi dan wasiat siaopa sebelum mereka , ada 7 jalur periwayatannya.
  21. Bahwa imam itu pada sisi mereka ada semua kitab yang diturunkan dari sisi Allah dan mereka mengetahui akan kitab kitab itu sesuatuyang menjadi ikhtilaf ,ada 2 jalur periwayatannya.
  22. tidak dikumpulkan Alquran semuanya kecuali oleh imam imam mereka dan mereka mengetahuinya ada 6 jalur periwayatannya.
  23. para imam mengetahui kapan mereka akan mati dan mereka tidak mati kecuali sesuai dengan pilihan mereka ada 8 jalur periwayatannya.
  24. dalam riwayat lain bahwa imam adalah lebih utama dai para rasul dan semua makhluk, akhirat adalah milik imam imam, Allah menciptakan jannah dari cahaya husain, hisab semua makhluq aakan diserahkan pada imam Syiah, Ali pemilik jannah dan neraka, imam imam mereka dibuat daari tanah liat yang disimpan di Arsy, dan dunia dan akhirat adalah milik imam.

TAHDZIBUL AHKAM
Menurut pengarang berisikan 5000 hadist. Tetapi menurut ulama' Syiah masa sekarang, berisiskan 13590 hadist.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar