Karakteristik Sel

Apa sajakah karakteristik sel itu? Ada beberapa karakteristik sel yang membedakannya dengan jenis kehidupan lain. Sel merupakan unit kehidupan terkecil dari sebuah organ. Semua mahluk hidup tersusun atas sel atau sekelompok sel. Sel mengandung informasi genetik yang akan diturunkan ke sel anak ketika terjadi pembelahan sel. Semua sel pada dasarnya memiliki komposisi kimia yang sama, seluruh aliran energi (metabolisme dan biokimiawi) untuk kehidupan berlangsung di dalam sel.
Berikut ini adalah karakteristik sel yang dijelaskan secara lebih detail:
Sel sangat kompleks dan terorganisir
Kompleksitas sel sangat nyata tetapi sulit dijelaskan. Kompleksitas sel dapat dianalogikan dengan keteraturan dan konsistensi keteraturan dan konsistensi sel dapat dilihat dari organel-organel sel yang mempunyai struktur sendiri-sendiri dan adanya interaksi antar bagian sel ataupun antar organel yang erperan untuk memelihara ataupun operasional sistem sel.
Terorganisir merupakan karakteristik sel; dapat dilihat pada proses sintesis protein, proses pembenukan energi kimia, pembentukan membran sel. Pada proses tersebut terdapat kerjasama antar organel sel dan semua proses sangat terorgansir, maksudnya tidak ada kesimpangsiuran.
Sel mempunyai program genetik
organisme dibangun berdasarkan informasi yang dikode dalam gen-gen. Gen bukanlah sekedar tempat menyimpan informasi tetapi juga mengandung blueprint (cetakan) untuk membentuk struktur sel, mengatur aktivitas sel dst.
Sel membentuk dan menggunakan energi
Perkembangan dan pemeliharaan sel membutuhkan masukan energi yang konstan. Energi cahaya diserpa oleh pigmen fotosintetik yang terdapat pada sel, kemudian cahaya tersebut akan dikonversi menjadi energi kimia. Pada hewan energi telah dikemas berupa glukosa, pada manusia glukosa delepaskan oleh hati ke aliran darah. Bagaimana penggunaan energi ini dapat dilihat pada proses respirasi.
Sel mampu menghasilkan berbagai macam reaksi kimia
Reaksi kimia yang terjadi di dalam sel sering disebut metabolisme. Metabolisme adalah suatu proses pengubahan molekul- molekul kompleks menjadi molekul-molekul kecil atau sebaliknya.
Sel mampu melakukan aktivitas mekanik
Sel adalah tempat aktivitas mekanik, dimana bahan atau molekul diangkut dari satu tempat ketempat lain, baik di dalam sel atau antar sel.
Sel mampu merespon stimuli
Pada sel protista misalnya bakteri mampu bergerak ke arah sumber nutrisi. Pada organisme multiseluler umumnya respon stimuli ditangkap oleh reseptor yang akan berinteraksi dengan substanti yang terdapat dalam lingkungan.
Sel mampu mengatur diri
Kebutuhan akan energi, pemeliharaan dan keadaan sel yang stabil membutuhkan pengaturan yang konstan. Dalam hal ini sel mampunyai kemampuan yang sangat kompeten. Dengan mempelajari sel banyak manfaat yang dapat diambil, diantaranya memahai mekanisme kerja sel yang berguna sebagai bahan pertimbangan dalam mematikan sel lain yang berbahaya atau patogen, dapat mengembangkan organisme unggul yang sangat penting bagi manusia misalnya untuk sumber antibiotika atau obat-obatan yang lain, atau sumber pangan baru. Dan seterusnya.
Sel mampu membelah diri
Individu-individu baru dihasilkan melalui proses reproduksi. Sel dihasilkan melalui proses pembelahan sel dimana satu sel induk akan menghasilkan dua sel anak. Dari proses ini sifat-sifat yang dimliki induk akan diwariskan ke keturunannya.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar