Faktor Risiko Kanker Payudara

Ada beberapa faktor risiko kanker payudara. Faktor-faktor yang memiliki risiko dan berhubungan dengan terjadinya kanker payudara diantaranya adalah sebagai berikut:
Umur
Wanita yang berumur lebih dari 40 tahun mempuyai risiko kanker payudara lebih besar dibandingkan umur kurang dari 40 tahun. Hal ini di karenakan pada umur ini kebanyakan wanita melakukan mamografi pada program pemeriksaan payudara setempat. Banyak kasus kanker payudara yang ditemukan terjadi pada wanita berumur antara 40-64 tahun (Wilensky dan Lincoln, 2008).
Jenis Kelamin
Jenis kelamin berpengaruh untuk terjadinya kanker payudara, wanita mempunyai risiko lebih tinggi dibandingkan pria. Menurut penelitian di Inggris 99% dari semua kasus kanker payudara terjadi pada wanita dan pada pria hanya 1% saja (John Cleese, 2010)
Umur Menarche
Pada wanita yang riwayat menarchenya lambat insedensinya lebih rendah akan tetapi menarche awal (dibawah 12 tahun) termasuk dalam faktor risiko terjadinya kanker payudara (Luwia, 2003)
Umur Menopause
Wanita yang umur menopausnya terlambat atau lebih dari 50 tahun mempuyai resiko terkena kanker payudara lebih besrar dibandingkan wanita yang umur menopausnya normal yaitu umur kurang dari 50 tahun (Luwia, 2003).
Riwayat keluarga dengan kanker payudara (genetik)
Risiko terkena kanker payudara meningkat pada wanita yang mempunyai ibu atau saudara perempuan yang terkena kanker payudara. Semua saudara dari penderita kanker payudara memiliki peningkatan risiko mengalami kanker payudara (Wilensky dan Lincoln, 2008).
Paritas
Paritas merupakan keadaan yang menunjukan jumlah anak yang pernah dilahirkan. Wanita yang tidak mempunyai anak (nullipara)mempuyai risiko insiden 1,5 kali lebih tinggi dari pada wanita yang mempunyai anak (multipara) (Wilensky dan Lincoln, 2008)
Tidak menyusui anak
Menyusui merupakan salah satu faktor penting yang memberikan proteksi terhadap risiko kanker payudara. Wanita yang tidak menyusui bayinya, mempunyai risiko yang tinggi terkena kanker payudara dibandingkan dengan wanita yang menyusui bayinya (Bustan, 2007).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar