Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mutu

Banyak faktro-faktor yang mempengaruhi mutu. Mutu merupakan tingkatan pemuasan suatu barang terhadap konsumen, dimana kualitas atau mutu harus tetap dijaga atau bahkan ditingkatkan (Sofjan, 1993). Karena itu faktor yag mempengaruhi mutu produk perlu diperhatikan, agar tidak terjadi kerugian produksi akibat adanya penyimpangan kualitas produk. Faktor-faktor tersebut dapat dibedakan dalam dua fungsi, yaitu fungsi suatu barang wujud luar dan fungsi biaya produk atau bahan baku.
Fungsi suatu barang merupakan langkah awal dalam melakukan aktifitas produksi. Karena barang-barang produksi yang dihasilkan harus benar-benar memenuhi fungsi tersebut. Oleh karena pemenuhan tersebut mempengaruhi kepuasan para konsumen, maka mutu yang hendak dicapai disesuaikan dengan fungsi yang tercermin pada spesifikasi barang tesebut seperti : kecepatan, tahan lama, kegunaan, berat, bunyi serta mudah tidaknya perawatan dan kepercayaan (Sofjan, 1993). Fungsi wujud luar merupakan faktor yang sangat penting dan sering dipergunakan pertama kali oleh konsumen dalam melihat suatu produk dan sekaligus menentukan mutu barang tersebut bagus atau tidak hanya terlihat dari bentuk, tetapi warna, susunan dan motif barang tersebut menjadi daya tarik konsumen.
Fungsi biaya produk dimulai dari pemilihan bahan baku sampai menjadi produk jadi. Bahan baku yang baik akan menmghasilkan produk yang baik pula. Dalam memproduksi barang, produsen harus selektif dalam memilih bahan baku, karena bahan baku merupakan faktor yang penting dalam menghasilkan suatu produk yang bermutu. Sudah menjadi persepsi umum bahwa barang yang bermutu tinggi pasti dengan harga tinggi (mahal).
Dengan logika untuk mencapai mutu yang tinggi, tentunya perusahaan pembuatnya telah mengerahkan segala kemampuan semaksimal mungkin untuk mengeluarkan biaya produksi tersebut. Sehingga hal yang wajar bahwa harga yang mahal menunjukkan mutu yang tinggi.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar