Tujuan Hubungan Sosial

Tujuan hubungan sosial adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia dalam hal sosialisasi. Kita memaklumi bahwa, manusia adalah makhluk sosial, yang perlu berinteraksi dengan manusia lainnya. Ada beberapa tujuan hubungan sosial,diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Menjalin hubungan persahabatan; adalah sifat manusia merasa ingin menjalin persahabatan dengan sesama. Dengan menjalin persahabatan, manusia menganggap itu adalah salah satu dari solusi dalam meneruskan hidup, selain sebagai upaya saling berbagi dan saling membantu.
  2. Menjalin hubungan usaha; tujuan ini erat kaitannya dengan keinginan manusia yang hendak mendapatkan taraf hidup yang layak di mata masyarakat. Dikatakan, manusia perlu bekerja untuk mendapatkan kesejahteraan dalam kehidupan. Menjalin hubungan usaha, seperti, melakukan hubungan dagang atau bisnis, manusia perlu banyak mengetahui bagaimana cara efektif berhubungan dengan masyarakat.
  3. Mendiskusikan sebuah persoalan; musyawarah adalah salah satu hubungan sosial yang bisa sering kita lihat. Di setiap kelompok masyarakat, kita menemukan sekelompok orarng melakukan rapat atau musyawarah untuk menyelesaikan permasalahan yang menimpa mereka. tak jarang, sebuah masalah hanya mengganggu satu individu, dimusyawarahkan dengan satu kelompok perumahan. Mengapa? Karena satu individu itu telah dianggap sebagai bagiandari kelompok masyarakat tersebut. Kalau saja, individu berniat tinggal sendiri, dan ia mendapatkan masalah sendiri, maka ia tentunya tidak akan mendapatkan orang banyak menyelesaikan masalah yang patutnya bisa diselesaikan oleh orang banyak.
  4. Melakukan kerja sama; kerja sama, juga sebagai salah satu tujuan, dari hubungan masyarakat, dan kerja sama, adalah sebuah simbol ketidakmampuan seorang manusia dalam menyelesaikan masalah sendiri-sendiri.
  5. Keinginan untuk mempertahankan hidup. Munculnya hasrat ingin bertahan hidup membuat manusia berpikir keras bagaimana agar ada yang membantunya menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ia hadapi.
  6. Keinginan untuk melakukan komunikasi dengan sesama. Komunikasi dengan sesama adalah karakteristik manusia, yang memiliki lisan yang bisa bicara. Dengan itu, manusia butuh lawan bicara.
  7. Keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Setiap hari manusia butuh makanan untuk melanjutkan hidup. Untuk mendapatkan segala kebutuhan tersebut, manusia berhubungan sosial kepada masyarakat.
  8. Keinginan untuk meneruskan keturunan. pada dasarnya manusia memiliki keingingan mewariskan sesuatu saat ia telah tua. Maka manusia perlu menjaga hubungan masyarakat, dengannya, ia kelak bisa menemukan seseorang yang bisa menjadikannya sebagai pasangan hidup, dan kemudian melahirkan penerus keturunan.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar