Sosial Ekonomi Masyarakat

Sosial ekonomi masyaratakat sangat dibutuhkan. Berbicara perihal sosial ekonomi berarti berbicara tentang segala hal mengenai perekonomian dalam lingkup kemasyarakatan. Sebagaimana kita pahami, sosial bisa kita maknai segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat, sedangkan ekonomi bermakna ilmu yang berhubungandengan asas produksi dan distribusi, pemakaian barang juga kekayaan. Kedua kata ini cukup erat kaitannya meski tampak memiliki kajian berbeda. Sebagai missal, akan muncul akibat sosial dalam masyarakat jika kebutuhan ekonomi masalah.
Maka, bisa kita simpulkan bahwa sosial ekonomi masyarakat bisa kita ambil pengertian sebagai hal-hal yang berkaitan dengan aktifitas ekonomi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Di bawah ini, kita bisa melihat beberapa dampak sosial ekonomi masyarakat yang terjadi di masyarakat.
Kesenjangan sosial
Pertumbuhan ekonomi Negara member berbagai manfaat kepada masyarakat, namun, jika pelaksanaan perekonomian tidak dilakukan dengan cara yang tepat, akan muncul kesenjangan sosial yang mana akan ada golongan miskin yang tidak bisa menikmati pertumbuhan ekonomi ini. yang hanya bisa merasakan dan menikmati pertumbuhan ini hanyalah pihak-pihak yang berada pada golongan menengah keatas.
Kekerasan etnis dan kelompok
 Akibat dari ketidakseimbangan perekonomian bermacam-macam. Di antaranya, dengan perekonomian yang tidak stabil, akan ada masyarakat yang mudah terprovokasi pihak-pihak tertentu. Masyarakat bisa mudah terpengaruh dengan orang-orang yang mereka anggap lebih memiliki ilmu dari mereka. hal ini bisa memicu konflik yang berujung pada kekerasan.
Kekerasan dalam rumah tangga
Ini adalah contoh kecil dari dampak sosial ekonomi masyarakat. Ketika di sebuah keluarga memiliki permasalahan ekonomi, semisal pemimpin rumah tangga yang memiliki masalah pekerjaan yang kemudian berdampak pada macetnya pemasukan keuangan, bisa saja, jika nantinya para anggota keluarga tersebut tidak memiliki kesabaran atau hanya mementingkan ego, yang hadir adalah kekerasan demi kekerasan dalam rumah tangga.
Maka, penyelesaian dari masalah sosial ekonomi masyarakat, perlu diawali dengan benar-benar mengetahui pokok permasalan yang ada. Dengan mengetahui akar dari problema tersebut, maka pemerintah perlu membuat kebijakan yang bisa menunjang kesejahteraan masyarakat. Dan tak kalah penting, segala sesuatu hendaknya diawali dengan kesadaran diri sendiri sebagai warga Negara yang baik dan taat terhadap pemimpin yang ada.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar