Sifat Norma Sosial


Ada beberapa sifat norma sosial. Segala sesuatu akan kita ketahui sebagai seauatu yang kita kenal ketika kita mengenal sifat-sifat yang ada pada sesuatu itu. dalam norma sosial, kita mengenal beberapa sifat yang dengannya kita mengetahui hal-hal yang ada pada norma sosial itu. mari kita bahas apa saja sifat-sifat dari norma sosial.
  1. Pada umumnya norma sosial tidak tertulis. Contohnya, adat istiadat. Kita mengenal, dalam adat istiadat, norma yang ada tidak tertulis seperti hukum pemerintahan. Norma adat istiadat dipahami, dan diyakini oleh masyarakat hanya lewat lisan, satu contoh norma adat istiadat adalah adat dalam acara pernikahan. Contoh lain dari norma yang tak tertulis adalah, tata pergaulan, kebiasaan, cara, dan lain sebagainya. Kaidah-kaidah ini disepakati oleh masyarakat dan sanksinya mengikat seluruh anggota kelompok atau masyarakat.
  2. Merupakan hasil kesepakatan, atau sesuatu itu diterima oleh seluruh anggota masyarakat pada wilayah tertentu. Hasil ini mengarah pada kebudayaan wilayah setempat mengenai tata kelakuan dan aturan dalam pergaulan.
  3. Sifatnya mengikat, seluruh warga masyarakat sebagai pendukung sangat menaatinya dengan kesungguhan hati.
  4. Sanksi yang tegas terhadap pelanggarnya sesuai dengan kesepakatan bersama sebelumnya. Sebagai contoh, ketika seseorang melakukan tindak kolusi, sesuai kesepakatan dalam norma yang ada, maka orang tersebut mendapatkan hukuman sebatas apa yang telah ia lakukan. Dalam negeri hukum, hal yang semacam ini selalunya diserahkan kepada pihak berwenang (pemerintah) untuk ditindaklanjuti dan diproses dengan norma yang tertulis oleh pemerintah.
  5. Norma sosial memiliki ciri  mampu menyesuaikan diri dengan perubahan sosial. Ia bersifat fleksibel terhadap perubahan sosial. Setiap ada keinginan dari masyarakat untuk berubah, norma akan menyesuaikan dengan perubahan tersebut. Sebagai contoh, ketika dulu, sebuah masyarakat hanya mengenal cara makan dengan menggunakan tangan. Seiring berjalannya waktu dan masuknya budaya asing, telah menciptakan perubahan-perubahan bagi kebiasaan masyarakat dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari, termasuk dalam tata cara makan, misalnya. Kini sebagian masyarakat ada yang telah terbiasa makan nasi dengan menggunakan sendok, dan merasa agak risih  dan tak terbiasa jika menggunakan tangan. Bahkan, ada di beberapa masyakarat yang telah terbiasa menggunakan sendok dan garpu.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar