Peran Masyarakat Dalam Pendidikan


Peran masyarakat dalam pendidikan juga tak kalah penting. Masyarakat dan pendidikan adalah dua hal yang tak bisa dipisah-pisah. Masyarakat, sejatinya adalah produk dari pendidikan, khususnya dari lembaga pendidikan. Pendidikan yang baik akan menghasilkan masyarakat yang baik pula. Sebaliknya, pendidikan yang buruk akan menghasilkan masyarakat yang buruk pula. Artinya masyarakat adalah cermin dari kualitas pendidikan.
Jika kita ‘singgah’ sebentar di sebuah institusi sekolah, misal sekolah dasar, kita menemukan, banyak anak sekolah yang menimba ilmu. Mereka dititip oleh orang tua kepada para guru di sana agar anak mereka bisa menjadi orang yang berguna kelak. Nah, sekarang, mari kita sepakat, orang tua yang di maksud adalah masyarakat (selain bagian dari keluarga) yang kita katakan tadi. Selainnya, seluruh masyarakat yang ada di sana kecuali guru dan para siswa.
Lalu, apa peran masyarakat dalam pendidikan? Banyak. Ada banyak peran masyarakat untuk majunya pendidikan. Dalam hal ini, mari kita katakan ‘pendidikan’ dengan kata ‘sekolah’. Masyarakat, sebagai unsur yang sangat dekat dengan pendidikan bisa berperan, diantaranya:
  1. memberi pengawasan pada para siswa ketika mereka (para siswa) telah berada di luar jam pelajaran. Ini penting. guru tentunya tak mampu sepenuhnya menjaga para siswa ketika mereka sudah di luar dari wilayah sekolah, pun orang tua tak bisa sepenuhnya menjaga anak mereka saat sang anak bermain bersama teman-teman mereka di luar rumah. Masyarakat lah yang memiliki andil dan peran atas penjagaan dan pengawasan tersebut.
  2. Memberi kontribusi materi semampunya atas program-program positif yang dilaksanakan oleh sekolah. Memang, ada dana yang bisa dipakai oleh sekolah untuk program yang membangun. Namun, tentu tidak salah jika masyarakat membantu mendukungnya, agar pihak institusi pendidikan dan anak didik bisa berkarya lebih baik. tentunya, dengan catatan semua laporan dikelola dengan transparan.
  3. Masyarakat harus menjadi contoh yang bisa ditiru oleh para anak didik, agar, kemanapun anak didik pergi, yang mereka temui adalah sesuatu yang bernilai dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar