Peran Masyarakat Dalam Pembangunan


Peran masyarakat dalam pembangunan sangat dibutuhkan. Masyarakat adalah aset yang sangat penting dalam tatanan negara. Ketika pemerintah sebagai perwakilan dari masyarakat membuat agenda-agenda pembangunan, selayaknya, masyarakat turut mengambil peran dalam sisi gagasan bernas yang bisa diterima oleh pemerintah. Di beberapa kasus, yang terjadi, masyarakat mengeluh akan ketidaksesuaian pembangunan dengan kondisi masyarakat, di antara penyebab yang ada adalah, tidak adanya komunikasi yang baik antara masyarakat dengan pemerintah. Selain itu, terkadang, bisa jadi, keengganan pemerintah dalam menerima usulan dari masyarakat. Bukankah yang lebih tahu masalah di lapangan adalah orang yang langsung tinggal di sana?
Banyak aspek yang perlu masyarakat masuki sebagai unsur penting yang berperan dalam pembangunan negeri ini. dalam aspek pendidikan misalnya. Masyarakat perlu tanggap jika ada permasalahan-permasalahan yang bisa menggangu jalannya pendidikan di lingkungan masyarakat. Masyarakat, sebagai pengamat pemerintah, pengamat pembangunan serta pelaku pembangunan negeri ini, dalam hal ini pendidikan, akan menjadi unsur penting sebagai sumber ide brilian demi tercapainya cita-cita kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.
Banyak aspek yang masyarakat perlu masuk di ranah tersebut sebagai ‘pengawas’ serta pelaku agar pembangunan bisa diarahkan di tempat yang tepat. Ada pembangunan dari segi, di antaranya:
Dari aspek ekonomi, pemerintah memang perlu mengambil serius akar permasalahan, dari perekonomian masyarakat yang masih banyak berada di wilayah kemiskinan. Agar tercapainya pembangunan yang tepat, pemerintah tak perlu sungkan turun langsung melihat kondisi real, agar masyarakat yang awalnya apatis terhadap setiap kebijakan pemerintah bisa diajak bekerja sama dalam pembangunan di negeri ini.
Tak jauh berbeda jika kaji dari aspek politik. Pemerintah, termasuk para politisi, perlu memberikan definisi dan contoh nyata politik yang bersih, tidak saling menghancurkan. Dengan itu, masyarakat tidak skeptis terhadap para politisi yang saat ini yang tak bisa dipungkiri selalu dianggap sebagai sosok yang hanya mencari kekuasaan pribadi dan kelompok.

            Selain aspek aspek di atas masih ada aspek lain, yang mana masyarakat perlu mengambil andil penting akan terbangunnya kondisi negeri yang baik, sesuai kebutuhan masyarakt luas, dan dengannya masyarakat dan pemerintah bisa bekarja sama dengan rasa cinta.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar