Penyebab Keputihan


Penyebab keputihan (patologis) bermacam -macam, dapat disebabkan oleh adanya infeksi oleh kuman atau bakteri, jamur, parasit, dan virus; adanya benda asing dalam liang senggama; gangguan hormonal (menopause); kelainan bawaan atau didapat dari alat kelamin; dan adanyakanker atau keganasan pada alat kelamin (Sianturi, 2001).
Clayton (1996), penyebab lain dari keputihan, antara lain penggunan celana dalam berbahan nilon dan celana panjang yang ketat, sabun dan bubuk pencuci, merendam diri, deodoran vagina, tampon dan pembalut wanita, dan diet.
Pemakaian celana dalam dengan bahan nilon tidak dapat menyerap kelembaban dan pemakaian celana panjang ketat dapat menjadi penghalang terhadap udara yang beredar sehingga keadaan di sekitar selangkangan menjadi lembab dan panas. Keadaan tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan bakteri lain yang menyebabkan keputihan.
Penggunaan sabun dan bubuk pencuci dapat menyebabkan keputihan, karena bubuk pencuci mengandung zat kimia yang sangat keras, yang dapat mengiritasi daerah-daerah yang lunak seperti vagina dan dapat mematikan keseimbangan ekologi alamiah pada daerah genital.
Merendam diri berguna untuk mengobati beberapa infeksi vagina, tetapi bila hal ini dilakukan cukup lama dalam bak mandi air panas maka dapat menimbulkan serangan keputihan.
Penggunaan deodoran vagina dapat mengiritasi membran mukosa dan dapat menimbulkan keputihan. Penggunaan busa sabun dan antiseptik juga dapat menyebabkan keputihan karena dapat mematikan bakteri alamiah dalam vagina.
Dalam penggunaan tampon dan pembalut wanita yang terlalu lama dalam vagina pada masa menstruasi dapat menyebabkan keputihan. Karena darah bersifat alkali maka darah membuat vagina peka terhadap candida dan penggunaan yang terlalu lama gulungan serat-seratnya dapat menjadi tempat persemaian infeksi vagina yang dapat menyebabkan keputihan.
Diet yang tidak seimbang juga dapat menyebabkan keputihan terutama diet dengan jumlah gula yang berlebihan, karena merupakan faktor yang sangat memperburuk terjadinya keputihan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar