Pengertian Bimbingan Penyuluhan Islam

Dalam memberikan pengertian Bimbingan Penyuluhan Islam, para ahli sangat beragam. Hal ini disebabkan karena mereka mempunyai pandangan tersendiri. Secara etimologi Bimbingan Penyuluhan Islam adalah merupakan terjemahan dari Guidence, dari bahasa Inggris yang dapat diartikan secara umum sebagai suatu bantuan dan tuntunan. Sedang istilah “penyuluhan” mengandung arti “menerangi”, "menasehati" atau "memberi kejelasan" kepada orang lain agar memahami atau mengerti tentang hal yang sedang dialaminya. Arti “penyuluhan” berasal dari kata “Counseling” yang berarti nasehat (Arifin, 1982).
Pengertian Bimbingan
Setelah kita mengenal arti bimbingan dan penyuluhan secara harfiyah, maka perlu juga kita fahami definisiistilahnya yang dikemukakan oleh para ahli antara lain:
Menurut Surya bimbingan ialah suatu proses yang terus menerus dalam membantu perkembangan individu untuk mencapai kemampuannya secara maksimal dan mengarahkan manfaat yang sebesar-besarnya baik bagi dirinya maupun masyarakat (Surya, 1975).
Walgito dalam bukunya "Bimbingan dan Penyuluhan dalam Sekolah", mendefinisikanbimbingan adalah bantuan pertolongan yang diberikan kepada individu atau sekumpulan individu-individu dalam menghindari atau mengatasi kesulitankesulitan didalam kehidupannya, agar individu atau sekumpulan individu itu dapat mencapai kesejahteraan hidupnya (Walgito, 1980).
Menurut Ahmadi dan Rohani bimbingan adalah bantuan yang diberikan kepada individu untuk mengatasi kesulitankesulitan dalam kehidupannya, agarsupaya individu itu dapat mencapai kesejahteraan hidupnya, Atau dengan kata lain : “Bimbingan adalah bantuan yang diberikan kepada seseorang dalam usaha memecahkan kesukaran-kesukaran yang dialaminya” (Ahmadi dan Rohani, 1991).
Dengan melihat beberapa definisi yang dikemukakan para ahli, maka dapat diambil kesimpulan bahwa bimbingan adalah suatu proses bantuan yang terus menerus dan sistematis yang diberikan kepada individu atau sekelompok individu agar dapat mengatasi berbagai problem kehidupannya, membuat pilihan yang bijaksana sehingga individutersebut mampu menerima dirinya sesuai dengan potensi atau kemampuannya dalam mencapai penyesuaian diri dengan lingkungan, baik dalam keluarga, sekolah dan masyarakat.
Pengertian Penyuluhan
Adapun pengertian penyuluhan (Counseling) menurut para ahli adalah sebagai berikut:
Menurut Arifin Penyuluhan mengandung arti “menerangi”, menasehati atau memberi kejelasan” kepada orang lain agar memahami atau mengerti tentang hal yang sedang dialaminya (Arifin, 1992).
Partowisastro dalam bukunya "Bimbingan dan Penyuluhan Sekolah-Sekolah", konseling dalam artiluas adalah segala interaksi pengaruh psikologis yang dapat diadakan sesama manusia. Kemudian konseling dalam artian sesungguhnya adalah merupakan suatu hubungan yang sengaja diadakan dengan manusia lain, dengan maksud agar memakai berbagai cara psikologis, kita dapat mempengaruhi beberapa fase kepribadiannya sedemikian rupa sehingga dapat diperoleh suatu effecttertentu (Partowisastro, 1982).
Sedangkan menurut Natawidjaya Penyuluhan dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik antara dua orang individu dimana yang seseorang (penyuluh) berusahamembantu orang lain (klien) untuk mencapai pengertian tentang dirinya sendiri dalam hubungannya dengan masalah-masalah yang dihadapinya pada waktu mendatang. (Natawidjaya, 1987).
Dari beberapa pendapat diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa penyuluhan adalah hubungan timbal balik antara dua individu dimana seorang penyuluh membantu klien dalam memecahkan masalah-masalah kehidupan dengan wawancara yang dilakukan secara tatap muka atau dengan cara-cara yang sesuai dengan keadaan klien yang dihadapi untuk mencapai kesejahteraan hidupnya.
Sedangkan menurut Musnamar dalam bukunya "Dasar-dasar Konseptual Bimbingan dan Konseling Islami" dijelaskan bahwa bimbingan Islami adalah proses pemberian bantuan terhadap individu agar mampu hidup selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah sehingga dapat mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat (Musnamar, 1992).
Adapun pengertian Bimbingan Penyuluhan Islam yang dimaksud dalam tulisan ini adalah proses pemberian bantuan terhadap individu agar mampu hidup selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah, sehingga dapat mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat (Faqih,2002).
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar