Pengertian Bahan Ajar

Pengertian bahan  ajar  adalah  segala  bentuk  bahan  yang  digunakan  untuk  membantu guru  atau  instruktor  dalam  melaksanakan  kegiatan  belajar  mengajar  di  kelas. Bahan  ajar  memiliki  posisi  amat  penting  dalam  pembelajaran,  yakni  sebagai representasi (wakil) dari penjelasan  guru di depan kelas. Keterangan-keterangan guru,  uraian-uraian  yang  harus  disampaikan  guru,  dan  informasi  yang  harus disajikan guru dihimpun di dalam bahan ajar. Dengan demikian, guru  juga  akan dapat  mengurangi  kegiatannya  menjelaskan  pelajaran,  memiliki  banyak  waktu untuk membimbing siswa dalam belajar atau membelajarkan siswa (Zulkarnaini, 2009).
Bahan  ajar  juga  merupakan  wujud  pelayanan  satuan  pendidikan  terhadap peserta didik. Pelayanan individual dapat terjadi dengan bahan ajar. Peserta didik berhadapan  dengan  bahan  yang  terdokumentasi.  Peserta  didik  berurusan  dengan informasi yang konsisten. Peserta yang cepat belajar, akan dapat mengoptimalkan kemampuannya  dengan  mempelajari  bahan  ajar.  Peserta  didik  yang  lambat belajar, akan dapat mempelajari bahan ajarnya berulang-ulang. Dengan demikian, optimalisasi pelayanan belajar terhadap peserta didik dapat terjadi dengan bahan ajar. Keberadaan bahan ajar sekurang-kurangnya menepati tiga posisi penting.
Pengertian Bahan AjarBahan ajar menurut Pannen adalah bahan-bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Muhaimin dalam modul Wawasan Pengembangan Bahan Ajar mengungkapkan bahwa bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktur dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Sedangkan menurut Abdul Majid, bahan ajar adalah segala bentuk bahan, informasi, alat dan teks yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahan yang dimaksud bisa berupa tertulis maupun bahan yang tidak tertulis. Bahan ajar atau materi kurikulum (curriculum material) adalah isi atau muatan kurikulum yang harus dipahami oleh siswa dalam upaya mencapai tujuan kurikulum.
Bahan ajar atau materi pembelajaran (instructional materials) secara garis besar terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Secara terperinci, jenis-jenis materi pembelajaran terdiri dari pengetahuan (fakta, konsep, prinsip, prosedur), keterampilan, dan sikap atau nilai yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan.
Bahan  ajar  adalah  bahan-bahan  atau  materi  pelajaran  yang  disusun  secara sistematis,  yang  digunakan  guru  dan  siswa  dalam  proses  pembelajaran  (Pannen dalam Belawati, 2003). Materi pembelajaran (instructional materials) adalah  pengetahuan, keterampilan, dan sikap  yang harus diajarkan oleh  guru dan harus dipelajari oleh siswa untuk mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Ada beberapa jenis materi pelajaran. Jenis-jenis itu adalah fakta, konsep, prinsip, prosedur, dan sikap atau nilai.
Bahan atau materi kurikulum dapat bersumber dari berbagai disiplin ilmu baik yang berumpun ilmu-imu sosial (social science) maupun ilmu-ilmu alam (natural science). Selanjutnya yang perlu diperhatikan ialah bagaimana cakupan dan keluasan serta kedalaman materi atau isi dalam setiap bidang studi.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar