Manfaat Pembangunan Ekonomi

Manfaat pembangunan ekonomi bagi suatu negara haruslah dirasakan oleh seluruh masyarakat. Artinya, bahwa pembangunan tidak hanya untuk segelintir orang saja atau kelompok tertentu, tetapi harus dapat dinikmati oleh semua lapisan dalam masyarakat. Adapun manfaat yang dapat ditimbulkan  akibat adanya pembangunan adalah sebagai berikut:
Tingkat produksi meningkat
Pembangunan adalah suatu proses kenaikan Gross Domestic Product (GDP). Konsep GDP secara makro adalah sama dengan out put atau produksi, yaitu produksi barang dan jasa. Dengan adanya pembangunan, maka perekonomian akan mengalami perkembangan, yaitu ditandai dengan adanya peningkatan akan produk barang dan jasa suatu negara.
Adanya berbagai alternatif kemudahan
Dengan adanyan out put yang meningkat, akan menjadikan masyarakat  semakin  terbuka  untuk  melakukan  berbagai  pilihanpilihan.  Kebebasan  ini  tentu  sangat  menguntungkan,  karena masyarakat  punya  kesempatan  untuk  melakukan  hal-hal yang disukainya. Kemudahan  dalam  membeli  barang  misalnya  atau kemudahan dalam memilih sarana transportasi yang disukainya. Semua  itu  merupakan  suatu  alternatif  yang  harus dipertimbangkan oleh masyarakat.
Terdapat perubahan pada aspek sosial, ekonomi, dan politik
Pembangunan ekonomi adalah suatu proses yang terjadi dalam jangka panjang. Pembangunan bukanlah  sesuatu yang terjadi dalam sekejap, akan tetapi melalui suatu proses yang berkesinambungan.  Perubahan-perubahan yang terjadi akibat pembangunan tidak saja secara fisik tetapi juga akan membawa perubahan di  bidang  sosial.  Ekonomi  dan  politik.  Di  bidang sosial,  terjadinya  pergeseran-pergeseran  nilai-nilai  dalam masyarakat, seperti wawasan atau pandangan masyarakat tentang ilmu pengetahuan, cara berpikir yang lebih rasional. Perubahan di bidang ekonomi  jelas terjadi, yaitu  adanya  kenaikan tingkat pendapatan masyarakat, meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi.  Di  bidang  politik,  semakin  terbukanya  pemahaman akan demokrasi dan sistem politik yang lebih adil.
Meningkatnya akan nilai-nilai kebersamaan
Apabila  pembangunan ekonomi yang dijalankan  oleh suatu  negara  berhasil,  maka  masyarakat  negara tersebut  relatif sudah makmur. Karena  kebutuhan dirinya sudah terpenuhi, sebagai  kompensasi  mereka   mulai  memperhatikan  lingkungan sekitar. Pada  taraf  dimana  kesejahteraan  sudah  begitu  tingginya, ada  suatu kecenderungan mereka mulai  mempertentangkan masalah-masalah  yang  berhubungan dengan  keadilan  terutama masalah akan hak asasi manusia (HAM).
Tingkat kesejahteraan penduduk meningkat
Pembangunan ekonomi yang diwujudkan dalam bentuk pertumbuhan ekonomi yang tinggi, yang  berarti pula tingkat produksi tinggi, akan mengakibatkan perekonomian masyarakat berkembang.  Perkembangan ini  secara  tidak langsung  dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, yang tadinya tidak bekerja kemudian bekerja yang dengan sendirinya dapat mengurangi tingkat pengangguran.  Dengan meningkatkan pendapatan ini maka, kesejahteraan penduduk secara otomatis  juga  mengalami peningkatan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar