Manfaat Deskripsi Pekerjaan

Terdapat bermacam-macam manfaat deskripsi pekerjaan yang ada dalam sebuah organisasi. Beberapa manfaat yang bisa ditarik dalam penyusunan deskripsi jabatan antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai bahan untuk mengadakan perbandingan antara tugas dan pekerjaan dalam suatu perusahaan dengan tugas dan pekerjaan pada perusahaan yang lainnya (termasuk sistem kompensasi yang berlaku). 
  2. Sebagai dasar berpijak untuk penentuan sistem kompensasi di dalam perusahaan melalui proses evaluasi jabatan. 
  3. Sebagai dasar untuk pembentukan performance appraisal system, penyusunan program-program pengembangan sumber daya manusia, promosi jabatan, rekrutmen, dan sebagainya. 
  4. Membantu seseorang untuk bisa lebih mengerti mengenai tugas wewenang maupun tanggung jawab dari jabatannya. Dalam hal ini juga akan membantu dalam hal memberi bahan orientasi jabatan untuk penjabatan baru. 
  5. Menjelaskan dan menjernihkan mengenai ruang lingkup jabatan dalam sebuah organisasi sehingga dapat dihindari kemungkinan salah interpretasi, overlapping, dan sebagainya. 
  6. Membantu dalam program-program perencanaan dan pengembangan organisasi termasuk diantaranya program-program pelatihan, pengaturan kembali sistem dan prosedur kerja dan lain-lain.
Sedangkan Manfaat deskripsi jabatan menurut Veithsal Rivai (2009): Manfaat deskripsi pekerjaan untuk menentukan:
  • Ringkasan Pekerjaan dan tugas- tugas (job summary and duties) 
  • Situasi dan kondisi kerja (working condition) 
  • Persetujuan (approvals).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar