Ciri-Ciri Hubungan Sosial


Ada beberapa ciri-ciri hubungan sosial. Sebagaimana yang tertulis dalam kajian-kajian ilmu sosiologi, hubungan sosial merupakan hubungan yang ada antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, juga kelompok dengan kelompok, sebagai hasil dari interaksi antara mereka. jika kita hubungkan dengan interaksi sosial, maka hubungan sosial memiliki kedekatan makna, hanya saja, hubungan sosial memiliki arti yang lebih luas.
Kemudian, kita menuju kepada karakteristik atau ciri-ciri hubungan sosial itu sendiri. Di antara ciri dari hubungan sosial itu adalah:
Ada media sebagai penyambung hubungan sosial
Banyak media yang saat ini bisa sebagai penyambung hubungan sosial. Jika pada zaman dahulu, manusia cukup berkomunikasi dengan lisan masing masing, atau bagi yang tidak bisa berbicara, cukup dengan bahasa isyarat, maka kemudian manusia berkembang, lalu menemukan tulisan dan kertas sebagai sarana untuk berkomunikasi dalam jarak yang jauh. Kita mengenal burung merpati dan hewan-hewan lainnya sebagari sarana tersebut. Yang lalu berubah menjadi lebih maju, lebih modern. Beberapa puluh tahun lalu, manusia mengenal telepon, atau telegram. Saat ini, kemudahan-demi kemudahan ada di depan mata, terlepas dari efek positif atau negatif dari media ini. ada handphone, fax, email, jejaring sosial,seperti facebook, twitter, friendsrter, dan lain-lain.
Adanya keinginan untuk mempertahankan hidup
Keinginan untuk mempertahankan hidup adalah keniscayaan bagi manusia. Manusia yang merasa diri mereka hidup selalu memiliki naluri dan pikiran, serta cara bagaimana mempertahankan kehidupan. Lalau mereka pun menyadari bahwa mereka akan merasa kesulitan untuk hidup jika tinggal atau hidup menyendiri. Mereka meyakini bahwa hidup bersosial adalah sebuah kebutuhan dalam hidup.
Adanya keinginan untuk melakukan komunikasi dengan sesama
Keingainan komunikasi dengan sesama muncul saat manusia sadar bahwa berkomunikasi, memahami orang lain adalah dibutuhkan bagi kehidupan yang lebih baik.
Adanya keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidup
Manusia setiap hari membutuhkan makanan dan peralatan primer lainnya. Manusia, dengan akal budi, memikirkan bagaimana caranya agar kebutuhan hidup setiap hari bisa terus terpenuhi. Salah satu cara penting, adalah dengan menjalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan manusia lain.
Adanya keinginan untuk meneruskan keturunan
Manusia juga menyadari bahwa hidup adalah giliran. Suatu saat nanti pun akan mengalami tua. Ketika di masa tua, mereka perlu memikirkan siapa akan menjaga mereka. maka hubungan sosial lagi –lagi dipikirkan untuk tetap dijalin dengan baik.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar