Cara Mengatasi Sampah

Ada beberapa cara mengatasi sampah. Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari hasil aktifitas manusia maupun alam yang belum memiliki nilai ekonomis. Sampah bersumber dari rumah tangga, pertanian, perkantoran, perusahaan, rumah sakit, pasar dan lain-lain. Sampah sangat dekat dengan manusia, tapi jarang yang rela untuk turut andil dan peduli menyelesaikan persoalan pencemaran lingkungan akibat gunungan sampah yang tidak diolah.
Beberapa cara untuk memusnahkan sampah sebagai berikut:
Penumpukan
Dengan metode ini, sebenarnya sampah tidak dimusnahkan secara langsung, namun dibiarkan membusuk menjadi bahan organik. Metode penumpukan bersifat murah, sederhana, tetapi menimbulkan resiko karena berjnagkitnya penyakit menular, menyebabkan pencemaran, terutama bau, kotoran dan sumber penyakit dana badan-badan air.
Pembakaran
Metode ini dapat dilakuakn hanya untuk sampah yang dapat dibakar habis. Harus diusahakan jauh dari pemukiman untuk menhindari pencemarn asap, bau dan kebakaran.
Pengkomposan
Cara pengkomposan meerupakan cara sederhana dan dapat menghasilkan pupuk yang mempunyai nilai ekonomi.
Sanitary landfill
Metode ini hampir sama dengan pemupukan, tetapi cekungan yang telah penuh terisi sampah ditutupi tanah, namun cara ini memerlukan areal khusus yang sangat luas.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar