Tugas Perkembangan Lansia

Tugas perkembangan lansia merupakan tugas perkembangan akhir dilihat dari rentang kehidupan. Orang tua (Lansia) diharapkan untuk menyesuaikan diri dengan menurunnya kekuatan dan menurunnya kesehatan secara bertahap. Mereka diharapkan untuk mencari kegiatan untuk mengganti tugas-tugas terdahulu yang menghabiskan sebagian besar waktu kala mereka masih muda.
Bagi beberapa orang berusia lanjut, kewajiban untuk menghadiri rapat yang menyangkut kegiatan sosial sangat sulit dilakukan karena kesehatan dan pendapatan mereka menurun setelah pensiun, mereka sering mengundurkan diri dari kegiatan sosial. Disamping itu, sebagian besar orang berusia lanjut perlu mempersiapkan dan menyesuaikan diri dengan peristiwa kehilangan pasangan, perlu membangun ikatan dengan anggota dari kelompok usia mereka untuk menghindari kesepian dan menerima kematian dengan tenteram. Mereka diharapkan untuk mencari kegiatan untuk mengganti tugas-tugas terdahulu yang menghabiskan sebagian besar waktu kala mereka masih muda.
Tugas-tugas pekembangan lansia adalah:
  1. Mempersiapkan diri untuk kondisi yang menurun 
  2. Mempersiapan diri untuk pension 
  3. Membentuk hubungan baik dengan orang seusianya 
  4. Mempersiapkan kehidupan baru 
  5. Melakukan penyesuaian terhadap kehidupan sosial/masyarkt secara santai 
  6. Mempersiapkan kematian
Menurut Robert Peck, tahap akhir dari perkembangan Erickson yaitu integritas versus keputusasaan dapat digambarkan dengan tiga tugas-tugas perkembangan atau isu-isu yang dihadapi pria dan wanita saat mereka tua, yaitu:
Diferensiasi versus kesibukan dengan peran (Differentiation versus preoccupation)      
Merupakan tugas perkembangan dari Peck dimana individu dewasa lanjut harus mendefinisikan nilai diri dalam istilah yang berbeda dari peran-peran kerja. Peck percaya individu dewasa lanjut perlu mengejar serangkaian aktivitas yang bernilai sehingga dapat mengisi waktu yang sebelumnya diisi dengan pekerjaan dan mengasuh anak.
Kekuatiran pada tubuh versus kesibukan pada tubuh (Body transcendence versus body preoccupation)      
Merupakan tugas perkembangan dari Peck dimana individu dewasa lanjut harus mengatasi penurunan kesehatan fisik. Seiring dengan proses menua, individu dewasa lanjut mungkin menderita penyakit kronis dan tentu saja penurunan kapasitas fisik. Bagi pria dan wanita yang identitasnya berkisar di sekitar kesehatan fisik, penurunan kesehatan dan kerusakan kapasitas fisik akan menghadirkan beberapa ancaman  bagi identitas diri dan perasaan akan kepuasan hidup. Namun, beberapa individu lansia menikmati hidup melalui hubungan-hubungan antar manusia yang memberi kesempatan untuk keluar dari kesibukan dengan tubuhnya.
Melampaui ego versus kesibukan dengan ego (Ego transcendence versus ego preoccupation) 
Merupakan tugas perkembangan dari Peck dimana individu lanjut  usia harus menyadari bahwa saat kematian tidak dapat dihindari dan mungkin waktunya tidak terlalu lama, merasa tentram dengan dirinya dengan menyadari individu lansia telah memberikan sumbangan untuk masa depan melalui pengasuhan yang kompeten terhadap anak-anak atau melalui pekerjaan dan ide-ide yang dimiliki oleh lansia. 
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar