Kualitas Persahabatan

Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas persahabatan. Ciri-ciri persahabatan adalah atribut atau karakteristik dari persahabatan itu sendiri. Beberapa contoh ciri-ciri persahabatan adalah keakraban (intimacy), persahabatan (companionship) dan konflik. Setiap persahabatan memiliki ciri-ciri yang beragam. Pada teman yang sama terdapat keakraban, terdapat juga kebersamaan dalam aktivitas dan terdapat juga konflik di dalamnya. Contoh persahabatan tersebut memberi gambaran bahwa persahabatan mempunyai ciri- ciri positif dan negatif sekaligus (Bukowski, Newcomb, & Hartup) 
Berikut ini adalah aspek dari kualitas persahabatan (Bukowski dalam Cillesses, Jiang, West, Laszkowski, 2005):
  1. Companionship. Menghabiskan waktu bersama antar sahabat. 
  2. Conflict. Seseorang berselisih dan berargumen dengan temannya, mereka merasa jengkel satu sama lain dan ada ketidaksepakatan dalam hubungan persahabatan mereka. 
  3. Help/aid. Saling membantu, menolong dan melindungi. 
  4. Security. Kepercayaan bahwa mereka dapat mempercayai, bersandar pada temannya. 
  5. Closeness. Perasaan kasih sayang atau pengalaman spesial yang dialami olah seseorang dengan temannya dan memperkuat ikatan orang tersebut dengan temannya.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persahabatan
Huyck (dalam Kail & Cavanaugh, 2000) mengatakan bahwa ada empat faktor yang dapat  meningkatkan hubungan persahabatan, yaitu:
  1. Kedekatan mereka satu sama lain (proximity)
  2. Kesamaan akan minat dan sikap mereka (similarity)
  3. Saling melengkapi kepribadian mereka (complementarity)
  4. Ketertarikan fisik (physical attractiveness)
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar