Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja

Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja seseorang. Kesiapan kerja dapat dipengaruhi dan dibentuk oleh pengalaman. Pengalaman tersebut dapat diperoleh melalui pendidikan dan lingkungan sekitarnya. Secara implicit kesiapan kerja ini dapat diusahakan melalui bimbingan, pengajaran, dan latihan. Sedangkan faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi kesiapan kerja yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.
Menurut George J. Moully menjelaskan bahwa kesiapan kerja tidak tergantung pada kematangan semata-mata tetapi termasuk juga di dalam faktor-faktor lain misalnya motivasi dan pengalaman. Dalam hal ini lingkungan memainkan peranan penting.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu:
  1. Faktor Psikologis, untuk dapat melakukan pekerjaan tertentu dengan baik seseorang harus mempunyai motivasi yang baik dan bebas konflik dan emosional 
  2. Faktor psikologis, suatu tingkah laku tidak terjadi kecuali apabila organ-organ fisiologis seperti panca indera, sistem syaraf pusat dan otot-otot telah berfungsi dengan baik 
  3. Faktor Pengalaman, proses persiapan dapat terjadi apabila didasarkan pada pengetahuan-pengetahuan serta pengalaman-pengalaman seseorang (IKetut, 1997).
Kesiapan kerja berarti suatu titik kematangan yang terdiri dari kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik yang dipengaruhi oleh faktor usia, pengalaman yang diperoleh melalui pendidikan dan lingkungan serta keadaan mental dan emosi individu. Sugihartono (1991) menyatakan bahwa faktor-faktor kesiapan kerja adalah sebagai berikut: Pertama, adanya tingkat kematangan yang meliputi kematangan fisik (koordinasi otot dan syaraf) dan kematangan psikologis (minat, cita-cita, sikap, tanggung jawab, dan stabilitas emosi).
Kedua, pengalaman, yang meliputi: pendidikan (pengajaran/proses belajar mengajar dan pengalaman kerja lapangan), penguasaan ketrampilan (menggunakan alat dan merakit alat) dan lingkungan (keluarga, sekolah dan masyarakat).
Berdasarkan pendapat di atas, dapat didefinisikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja seseorang meliputi faktor dari dalam diri siswa, misalnya kreativitas, kecerdasan, minat, kemandirian dalam belajar dan motivasi. Sedangkan yang berasal dari luar diri siswa misalnya peran masyarakat dan keluarga, sarana dan prasarana di sekolah, lingkungan pergaulan, informasi dunia kerja dan pengalaman praktik.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar