Definisi Amalgam

Untuk mendefinisikan amalgam terlebih dahulu melihat asal katanya. Kata "amalgam" berasal dari bahasa Arab "almalgham"dan bahasa Yunani "malagma," yang merujuk pada substansi atau massa.. Amalgam adalah campuran dari dua atau beberapa logam, salah satunya adalah merkuri. Dental amalgam dihasilkan dengan mencampur Merkuri(Hg) dengan partikel padat beberapa logam seperti Perak(Ag), Timah(Sn), Tembaga(Cu), dan kadangkala Zink(Zn), Palladium(Pd), Indium(In), dan Selenium. Menurut American Dental Association (ADA) amalgam adalah logam campuran dari Merkuri, Perak, Timah dan Tembaga serta logam lainnya untuk meningkatkan sifat fisik dan mekanikal.
Kata amalgam juga didefenisikan untuk menggambarkan kombinasi atau campuran dari beberapa bahan seperti merkuri, perak, timah, tembaga, dan lainnya.   Dental amalgam sendiri adalah kombinasi alloy dengan merkuri melalui suatu proses yang disebut amalgamasi.  Ketika powder alloy dan liquid merkuri dicampur, terjadi suatu reaksi kimia yang menghasilkan dental amalgam yang berbentuk bahan restorasi keras  dengan warna perak abu – abu.
Charbeneau dkk (1981) amalgam pertama kali diperkenalkan oleh Taveau pada tahun 1826 di Paris. Pada waktu pertama kali diperkenalkan, amalgam disebut silver amalgam, karena bagian terbesar komponennya adalah perak. Black adalah orang yang pertama kali memperkenalkan amalgam dengan bentuk partikel lathe cut.
Dalam publikasinya pada tahun 1896, komposisi alloy amalgam adalah:
  1. Ag (perak) 68,50%
  2. Sn (Timah putih) 25,50%
  3. Au (emas) 5%
  4. Zn (seng) 1%
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar