Pengertian Perencanaan Bisnis

Menurut Berry (2000), pengertian perencanaan bisnis adalah mengenai semua rencana kerja perusahaan dimasa yang akan datang, dimana berguna untuk mencapai tujuan akhir perusahaan. Menurut Zimmerer et al (2004), rencana usaha adalah ringkasan tertulis dari usulan pendiriian perusahaan wirausaha, rincian kegiatan operasi dan rencana keuangannya, peluang pasar dan strategi serta ketrampilan dan kemampuan manajer. Perencanaan tersebut adalah bukti tertulis bahwa wirausaha telah melakukan penelitian tentang peluang usaha. Singkatnya rencana usaha adalah jaminan terhadap kegagalan dan kekeliruan manajemen bagi perusahaan yang berhasil.
Rencana bisnis (Hisrich, 2000) adalah sebuah dokumen tertulis yang disiapkan oleh entrepreneur yang menjelaskan semua elemen eksternal dan internal yang relevan yang terdapat dalam pendirian sebuah perusahaan baru. Didalamnya terdapat rencana fungsional seperti pemasaran, keuangan, manufaktur, dan sumber daya manusia. Rencana bisnis juga mengalamatkan keputusan jangka panjang dan pendek. Rencana bisnis ditulis oleh seorang entrepreneur dan dalam pembuatannya dapat berkonsultasi dengan pengacara, akuntan, konsultan, dan teknisi. Rencana bisnis dapat dibaca oleh karyawan, investor, bank, supplier, konsumen, dan penasihat. Karena masing-masing membaca rencana bisnis dengan tujuan yang berbeda, entrepreneur harus dapat mengalamatkan semua keinginan mereka.
Ada tiga pandangan yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan rencana (Hisrich, 2000) yaitu:
  1. Pandangan dari entrepreneur, yang mengerti lebih baik pada kreatifitas dan teknologi yang ada pada perusahaan yang baru. 
  2. Pandangan pasar, orientasi yang diambil harus dari sisi konsumen bukan produk atau teknologi. 
  3. Pandangan Investor, investor menginginkan proyeksi finansial yang berarti.
Tingkat ketelitian dari rencana bisnis bergantung pada ukuran dan cakupan dari perusahaan yang akan didirikan.
Cakupan dari rencana bisnis bergantung dari pasar, pesaing, pertumbuhan, dan juga barang atau jasa yang dijual.Rencana bisnis sangat penting bagi kebanyakan orang karena faktor-faktor berikut ini (Hisrich, 2000):
  1. Rencana bisnis menolong untuk menentukan kelangsungan hidup dari perusahaan pada pasar tertentu. 
  2. Menyediakan panduan bagi entrepreneur dalam mengorganisasikan aktifitas perencanaan 
  3. Alat yang penting untuk mendapatkan pendanaan.
Menurut Sharma (1999), perencanaan bisnis adalah peta yang dapat menunjukkan keadaab dunia bisnis, perencanaan bisnis dapat menjaga langkah–langkah kita agar dapat tetap fokus, memberikan strategi – strategi yang tepat dalam menghadapi berbagai rintangan yang dilalui.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar