Pengaruh Kalor Terhadap Benda

Pengaruh kalor terhadap benda berbeda-beda sesuai dengan benda tersebut. Besarnya kalor yang diterima atau dilepaskan oleh sebuah benda bergantung pada beberapa factor. Antara lain massa benda, jenis benda, dan perubahan suhu pada benda tersebut.
Hubungan kalor dengan ketiga factor tersebut adalah:
  1. Kalor yang diperlukan sebanding dengan massa benda. Semakin besar massa benda semakin besar kalor yang diperlukan. 
  2. Kalor yang diperlukan sebanding dengan kalor jenis benda. Untuk jenis benda yang berbeda tetapi massanya sama, kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu yang sama ternyata besarnya berbeda bergantung pada jenis bendanya. 
  3. Kalor yang diberikan sebanding dengan kenaikan suhu benda. Untuk jenis dan massa benda yang sama, jumlah kalor yang diberikan besarnya mempengaruhi kenaikan suhu benda.  Makin banyak kalor yang diberikan kepada benda, semakin besar kenaikan suhu benda.
Jadi, banyaknya kalor (Q) yang diperlukan untuk menaikkan suhu benda bergantung pada massa benda(m), kalor jenis benda ( c ), dan perubahan suhu (ΔT). dapat dirumuskan :
Q = m. c.     ΔT
Keterangan:
Q     =  kalor yang  diperlukan, satuannya Joule (J)
m     =  massa benda, satuannya Kg
C     = kalor jenis benda, satuannya J/Kg°C atau J/KgK   
Δt   = perubahan suhu, satuannya °C atau K      
Kalor jenis adalah banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1Kg benda sebesar 1°C atau 1K. Sedangkan kapasitas kalor suatu benda adalah kemampuan suatu benda untuk menerima atau menurunkan suhu benda sebesar 1̊C dan dapat dirumuskan:
C/ ΔT =  Q atau C = m.c
Keterangan:
C = kapasitas kalor daam satuan J/K atau J/0C
c  = kalor jenis, dalam satuan J/kg K atau J/Kg 0C
m = massa benda, dalam satu kg.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar