Masa Klimakterium

Masa klimakterium adalah fase terakhir dalam kehidupan wanita atau setelah masa reproduksi berakhir, yaitu yang terjadi antara usia 45-50 tahun. Klimakterium adalah suatu masa peralihan yang dilalui seorang wanita dari periode reproduktif ke periode non-reproduktif. Tanda, gejala atau keluhan yang kemudian timbul sebagai akibat dari masa peralihan ini disebut gejala atau tanda premenopause. Periode ini dapat berlangsung antara 5 sampai 10 tahun sekitar fase menopause (5 tahun sebelum atau 5 tahun sesudah menopause). Pada fase ini fungsi reproduksinya mulai menurun.     
Menurut Kasdu (2002), masa klimakterium ini berlangsung secara bertahap sebagai berikut: 
  1. Premenopause, adalah masa sebelum menopause yang ditandai dengan timbulnya keluhan-keluhan klimakterium dan periode pendarahan uterus yang bersifat tidak teratur. Dimulai sekitar usia 40 tahun. Pendarahan terjadi karena penurunan kadar estrogen. 
  2. Perimenopause, periode dengan keluhan memuncak, rentang waktu 1 sampai 2 tahun sebelum dan sesudah menopause. Masa wanita mengalami akhir datangnya haid sampai berhenti sama sekali. Keluhan yang sering dijumpai adalah berupa gejolak panas (hot flushes), berkeringat banyak, insomnia, depresi serta perasaan mudah tersinggung. 
  3. Postmenopause, periode setelah menopause sampai senilis. Masa yang berlangsung kurang lebih 3-5 tahun setelah menopause.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar