Hasil Evaluasi Pelatihan

Hasil evaluasi pelatihan meliputi penelitian dalam dampak program pelatihan tersebut pada perilaku dan sikap trainer dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Kriteria efektif yang biasa digunakan dalam mengevaluasi pelatihan adalah mengfokuskan pada hasil (outcomes) yang ditekankan pada :
Reaksi peserta terhadap subjek dan proses program pelatihan
Mengukur reaksi peserta difokuskan pada perasaan peserta terhadap program pelatihan yang dilakukan dengan wawancara atau pengisian kuisioner. Apakah mereka menyukai program pelatihan?, apakah program tersebut bermanfaat?
Evaluasi atas reaksi ini memberikan informasi awal mengenai efektifitas pelatihan serta mempengaruhi aplikasi keahlian dan sikap yang diperoleh selama pelatihan.
Pengetahuan atau pembelajaran yang diperoleh melalui pengalaman mengikuti pelatihan
Ukuran pembelajaran menilai kemampuan peserta menguasai konsep, informasi, dan keahlian yang ditanamkan selama proses pelatihan.
Misalnya pengadaan pretest dan post test sebelum dan sesudah program pelatihan. Test awal dapat meningkatkan kesiapan peserta untuk belajar, memfokuskan pelatih, pada konsep-konsep kunci, dan membuat suasana belajar yang kondusif. Sedangkan test akhir dapat mengukur penguasaan pada keahlian-kahlian tertentu.
Perubahan dalam perilaku sebagai hasil dari pelatihan
Evaluasi perilaku dari program pelatihan memeriksa apakah partisipan memperlihatkan perubahan prilaku dalam pekerjaannya.
Penilaian perubahan perilaku pada pekerjaan sebagai hasil pelatihan dilakukan penyelenggara atas kinerja bawahannya.
Hasil atau perbaikan
Pengukuran hasil pada individu atau organisasi secara keseluruhan dalam bentuk turn over yang lebih rendah, berkurangnya kecelakaan kerja atau turunnya tingkat ketidakadilan dalam pekerjaan.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar