Pengertian Menggambar Teknik

Pengertian menggambar teknik adalah gambar yang bersifat tegas, terdiri dari garis-garis,simbol-simbol serta tulisan tegak yang telah disepakati atau mempunyai standar tertentu. Sebuah gambar adalah suatu bentuk goresan yang sangat jelas dari benda nyata, ide atau rencana yang diusulkan untuk pembuatan atau konstruksi selanjutnya. Gambar mungkin berbentuk banyak, tetapi metode membuat gambar yang sangat jelas adalah sebuah bentuk alami dasar dari komunikasi ide-ide yang umum. Pada dunia keteknikan gambar yang berkaitan dengan keteknikan disebut dengan gambar teknik.
Tegak dan tegas yaitu apa yang ada dikenyataan itu dihitung berskala dan digambar secara presisi tanpa mengenal estetika. Di setiap kejujuran teknik baik tingkat SMK pada tahun ajaran baru disemester awal diberikan mata pelajaran gambar teknik. Gambar teknik tentunya disesuikan dengan kejujuran masing-masing. Kejuruan bangunan/sipil gambar tekniknya tentang bangunan, kejuruan elektro/eloktronika berkaitan dengan eloktro/eloktronika untuk jurusan mesin berkaitan dengan mesin dan lain-lain.
Terkadang kita sebagai insan teknik sering tidak mengacuhkan dan mengesampingkan mengenai gambar teknik itu sendiri. Tetapi apakah kita pernah sedikitnya berpikir bahwa pentingnya akan sebuah gambar pada khususnya gambar teknik.
Dalam dunia permesinan penemuan-penemuan baru dalam bidang permesinan seperti mesin-mesin otomatis mempermudah kerja manusia. Pada awalnya penemuan itu tercipta dalam pikiran ilmuwan yang ahli dalam bidang permesinan. Suatu mesin, struktur atau sistem baru harus ada dalam pemikiran insinyur atau pembuatan rencana sebelum bisa menjadi kenyataan. Konsep awal atau ide biasanya tertulis pada kertas atau sebagai suatu gambar pada layar komputer dan dikomunikasikan pada orang lain melalu i bahasa gambar (graphic language) dalam bentuk sketsa-sketsa tangan.
Share on :


Related post:


2 komentar:

Anonim mengatakan...

Situs ini bagus, tapi kalo klik alamat tanpa www, jadi ga bisa kebuka. Musti pakai www, jadi www.psychologymania.com

Coba dibuat simple seperti akuinginsukses.com

Deno mengatakan...

nama donk nama, kl abis post itu dibiasakan yah. wahaha
saya kan jadi bingung buat referensi karya ilmiahnya.

Poskan Komentar