Ciri-Ciri Kemandirian

Ciri-ciri Kemandirian mempunyai ciri khas tertentu, yang telah digambarkan oleh pakar-pakar berikut ini: Menurut Parker orang mandiri memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Tanggung jawab. Tanggung jawab berarti memiliki tugas untuk menyelesaikan sesuatu dan diminta pertanggung-jawaban atas hasil kerjanya. 
  2. Independensi. Independensi adalah suatu kondisi dimana seseorang tidak tergantung kepada otoritas dan tidak membutuhkan arahan. Independensi juga mencakup ide adanya kemampuan mengurus diri sendiri dan menyelesaikan masalah diri sendiri. 
  3. Otonomi dan kebebasan untuk menentukan keputusan sendiri Kemampuan menentukan arah sendiri (self-determination) berarti mampu mengendalikan atau mempengaruhi apa yang akan terjadi kepada dirinya sendiri. 
  4. Keterampilan memecahkan masalah 
  5. Dengan dukungan dan arahan yang memadai, individu akan terdorong untuk mencapai jalan keluar bagi persoalan-persoalan praktis relasional mereka sendiri (Deborah.K.Parker, 2006)
Nasrudin (dalam Maulidiyah, 2005) menyebutkan kemandirian itu ditandai dengan adanya perilaku:
  1. Mengerjakan sendiri tugas-tugas rutinya, yang ditunjukkan dengan kegiatan yang dilakukan dengan kehendaknya sendiri dan bukan karena oranglain dan tidak tergantung pada orang lain. 
  2. Aktif dan bersemangat, tyaitu ditunjukkan dengan adanya usaha untuk mengejar prestasi meskipun kegiatan yang dilakukan tekun merencanakan serta mewujudkan harapan-harapannya. 
  3. Inisiatif, yaitu memiliki kemampuan berfikir dan bertindak secara kreatif 
  4. Bertanggung jawab, yang ditunjukkan dengan adanya disiplin dalam belajar, melaksanakan tugas dengan baik dan penuh pertimbangan dalam bertindak. 
  5. Kontrol diri yang kuat, yaitu ditunjukkan dengan adanya mengendalikan tidakan mengatasi masalah, dan mampu mempengaruhi lingkungan atas usaha sendiri.
Mustafa menyebutkan ciri-ciri kemandirian adalah sebagai berikut:
  1. Mampu menentukan nasib sendiri, segala sikap dan tindakan yang sekarang atau yang akan dating dilakukan atas kehendak sendiri dan bukan karena oranglain atau tergantung pada orang lain. 
  2. Mampu mengendalikan diri, maksudnya untuk meningkatkan pengendalian diri atau adanya control diri yang kuat dalam segala tindakan, mampu beradaptasi dengan lingkungan atas usaha dan mampu memilih jalan hidup yang baik dan benar. 
  3. Bertanggung jawab, adalah kesadaran yang ada dalam diri seseorang bahwa setipa tindakan akan mempunyai pengaruh terhadap oranglain dan dirinya sendiri. Dan bertanggung jawab dalam melaksanakan segala kewajiban-kewajiban baik itu belajar ataupun melakukan tugas-tugas rutin. 
  4. Kreatif dan inisiatif, kemampuan berfikir dan bertindak secara kreatif dan inisiatif sendiri dalam menghasilkan ide-ide baru. 
  5. Mengambil keputusan dan mengatasi masalah sendiri, memiliki pemikiran, pertimbangan-pertimbangan, pendapat sendiri dalam pengambilan keputusan yang dapat mengatasi masalah sendiri serta berani menghadapi resiko terlepas dari pengaruh atau bantuan dari pihak lain (Mustafa, 1982).
Menurut Tim Pustaka Familia (dalam Khalifah,2009) bahwasannya terdapat beberapa ciri-ciri kemandirian yaitu:
  1. Mampu berfikir dan berbuat untuk diri sendiri, ia aktif, kreatif, kompeten dan tidak bergantung pada orang lain dalam melakukan sesuatu dan tanpak spontan. 
  2. Mempunyai kecenderungan memecahkan masalah, ia mampu dan berusaha mencari cara untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. 
  3. Tidak merasa takut mengambil resiko dengan mempertimbangkan baik-buruknya dalam menentukan pilihan dan keputusan. 
  4. Percaya terhadap penilaian sendiri sehingga tidak sedikit-sedikit bertanya atau minta bantuan kepada oranglain dalam menyelesaikan tugas-tugas. 
  5. Mempunyai control diri yang kuat dan lebih baik terhadap hidupnya. Berarti ia mampu mengendalikan tindakan, mengatasai masalah, dan mampu mempengaruhi lingkungan atas usaha sendiri.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar