Tujuan Pemberian Motivasi

Menurut Hasibuan (2004) menyatakan bahwa tujuan pemberian motivasi bagi seorang karyawan selain memberikan keuntungan pada karyawan itu sendiri juga memberikan keuntungan kepada organisasi seperti:
  1. Dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan 
  2. Dapat mendorong semangat dan gairah kerja karyawan 
  3. Dapat mempertahankan kestabilan karyawan 
  4. Dapat meningkatkan moral dan kepuasan kerja karyawan 
  5. Dapat menciptakan suasana dan hubungan kerja yang karyawan 
  6. Dapat meningkatkan kreativitas dan partisipasi karyawan 
  7. Dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan 
  8. Dapat meningkatkan kedisplinan dan menurunkan tingkat absensi karyawan  
  9. Dapat mempertinggi rasa tanggung jawab pegawai terhadap tugas- tugasnya  
  10. Dapat meningkatkan efisiensi penggunaan alat-alat dan bahan baku 
Tujuan motivasi adalah menyangkut seorang manajer yang bekerja melalui orang lain. Ia tidak mungkin melakukan semua pekerjaan itu sendiri saja, melainkan harus meminta bantuan orang lain untuk mengerjakannya.
Seorang bawahan mungkin melakukan pekerjaan yang diberikan kepadanya dengan baik itu adalah keinginan perusahaan. Adapun kemungkinan seorang karyawan tidak baik menjalankan tugasnya. Mengapa hal ini sampai terjadi, maka perusahaan harus mengetahui penyebab-penyebabnya. Mungkin la tidak mampu menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskan kepadanya tetapi ada juga kemungkinan ia tidak mempunyai dorongan atau motivasi untuk bekerja dengan baik, maka salah satu tugas yang harus diketahui oleh seorang pemimpin adalah bagaimana memotivasi bawahannya untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan perusahaan.
Menjadi salah satu tugas pimpinan perusahaan untuk dapat memberikan motivasi (dorongan) kepada bawahannya agar dapat bekerja sesuai dengan pengarahan yang diberikan. Oleh sebab itu pengetahuan tentang motivasi perlu diketahui oleh setiap pimpinan, setiap orang yang bekerja dengan orang lain.
Motivasi adalah suatu proses untuk mencoba mendorong karyawan untuk bekerja segiat-giatnya. Pemberian motivasi kepada karyawan atau istilah populernya disebut pemberian kegairahan kerja kepada karyawan. Dalam pemberian motivasi tersebut berbeda antara karyawan yang satu dengan karyawan yang lainnya.
Menurut pendapat Kartono, (2002) tujuan motivasi adalah sasaran objektif yang mampu memberikan kepuasan terhadap kebutuhan dorongan atau keinginan seseorang. Beberapa kebutuhan khususnya vital, bilogis merupakan unsur pembawaan, namun mayoritas dari kebutuhan-kebutuhan manusia itu diperoleh dalam proses interaksi sosial dan pengalaman hidup sehari hari. 
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar