Taksonomi Media Pembelajaran

Taksonomi media pembelajaran terdiri dari beberapa kelompok. Haney dan Ullmer (dalam Miarso, 2004), mengemukakan bahwa terdapat tiga media pembelajaran, yaitu media penyaji, media objek dan media interaktif. Media objek merupakan benda tiga dimensi yang mengandung informasi, yang dapat diketahui melalui ciri fisiknya seperti ukuran, berat, bentuk, susunan, warna, fungsi, dan sebagainya. Media objek meliputi dua kelompok, yaitu objek yang sebenarnya dan objek pengganti. Media objek pengganti adalah benda-benda yang dibuat untuk mewakili atau menggantikan “benda-benda yang sebenarnya”. Objek pengganti banyak dikenal dengan nama replika, model, dan benda tiruan.
Sedangkan Heinich, Molenda, & Russel (dalam Furqon, 2007) mengemukakan klasifikasi media yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran yaitu:
  1. Media yang tidak diproyeksikan 
  2. Media yang diproyeksikan (projected media) 
  3. Media audio 
  4. Media video dan film 
  5. Komputer 
  6. Multimedia berbasis komputer.
Media yang tidak diproyeksikan terdiri dari beberapa jenis yaitu benda nyata (realia), replika dan model, kit multimedia, simulator, bahan cetakan (printed materials), foto, gambar, chart, poster dan grafik. Berdasarkan bentuknya, jenis media ini dapat diklasifikasikan ke dalam media dua dimensi dan media tiga dimensi. Bahan cetakan seperti gambar, chart, poster, foto dan grafik tergolong sebagai media dua dimensi. Sedangkan realia, replika, model, dan simulator dapat digolongkan sebagai media tiga dimensi.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar