Pengertian Tes Performance

Pengertian tes performance menurut Dewa Ketut Sukardi ialah tes yang menuntut testee untuk menggerakkan atau menggunakan objek-objek, atau menyusun bagian-bagian yang dikerjakan dengan tepat. Menurut Smith & Adams, “Performance tes”, adalah suatu tes yang berhubungan dengan berbagai bentuk aktifitas fisik, seperti, memasang pola dengan balok-balok kayu.
Dapat ditarik pengertian bahwa, tes performance merupakan bentuk tes yang menuntut jawaban siswa dalam bentuk perilaku, tindakan/perbuatan, unjuk kerja atau keterampilan melakukan tugas-tugas tertentu. Siswa bertindak atau mempraktekkan dan mendemonstrasikan sesuai dengan apa yang diperintahkan atau ditanyakan. Misal, coba praktekkan cara menggosok gigi yang benar sesuai aturan, cara lompat/loncat (tinggi, indah, jauh) yang benar, cara berenang sesuai dengan gaya dan teknik tertentu.
Pelaksanaan tes performance dapat dilakukan baik secara kelompok (seorang tester menghadapi sekelompok testee) maupun individual (seorang tester menghadapi seorang testee).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar