Pengertian Perhatian Orang Tua

Pengetian perhatian orang tua adalah bentuk penerimaan orang tua kepada anak. Kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan untuk meningkatkan taraf hidup, kesejahteraan dan martabatnya sangat diperlukan bagi pendidikan anak. Dengan kesadaran seperti ini masyarakat akan mempunyai pandangan bahwa penyelenggaraan pendidikan adalah sematamata untuk mereka. Tugas sekolah adalah memberikan pencerahan dan penyadaran di tengah-tengah masyarakat bahwa pendidikan sangatlah penting artinya untuk peningkatan taraf dan martabat hidup mereka.
Salah satu bentuk dari kesadaran orang tua terhadap keberhasilan pendidikan anaknya adalah dengan memberikan perhatian.
Sumadi Suryabrata (2006) mengemukakan bahwa terdapat dua definisi mengenai perhatian yang diberikan oleh para ahli psikologi yaitu:
  1. Perhatian adalah pemusatan tenaga psikis tertuju kepada suatu objek 
  2. Perhatian adalah banyak sedikitnya kesadaran yang menyertai sesuatu aktivitas yang dilakukan.
Hal senada diungkapkan oleh Baharuddin (2007) bahwa “perhatian merupakan pumusatan atau konsentrasi dari seluruh aktivitas individu yang ditujukan kepada suatu sekumpulan objek”. Lebih lanjut Baharuddin mengatakan bahwa “perhatian sangat dipengaruhi oleh perasaan dan suasana hati, serta ditentukan oleh kemaun”. Mencermati pernyataan dari Sumadi Suryabrata dan Baharuddin tersebut dapat dijelaskan bahwa perhatian merupakan pemusatan seseorang yang diarahkan pada suatu objek tertentu, dalam hal ini adanya kepedulian terhadap objek tersebut, yang disertai oleh suasana hati dan kemauan. Pengertian perhatian lainnya yang dikemukakan oleh Slameto (2010) bahwa, “perhatian adalah kegiatan yang dilakukan seseorang dalam hubungannya dengan pemilihan ransangan yang datang dari lingkungannya”. Hal ini berarti dalam perhatian adanya proses penyeleksian dan menuntut kesadaran penuh.
Berdasarkan beberapa definisi yang telah dikemukakan tersebut, dapat disimpulkan bahwa perhatian merupakan bentuk kepedulian terhadap suatu kegiatan tertentu. Sedangkan perhatian orang tua yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kepedulian orang tua pada pendidikan anak di sekolah dasar, sebagai salah satu bentuk kesadaran orang tua pada pendidikan anak.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar