Pengertian Health Belief Model

Pengertian health belief model menurut Becker & Rosenstock (dalam Sarafino, 2006) adalah individu mau melakukan perilaku pencegahan yaitu dalam bentuk perilaku  sehat tergantung pada dua penilaian yaitu perceived threat (perceived seriousness, perceived susceptibility, cues to action) dan perceived benefits and barriers.  
Rosenstock pada tahun 1966 dan Becker & koleganya (dalam Odgen, 2004) menjelaskan bahwa health belief model digunakan untuk memprediksi perilaku preventif dalam bentuk perilaku sehat dan juga respon perilaku terhadap pengobatan yang akan dilakukan. Health belief model juga memprediksi bahwa munculnya suatu perilaku merupakan kumpulan dari core belief yaitu persepsi individu yang berkaitan dengan susceptibility to illness, the severity of the illness, the cost involved in carrying out the behavior, the benefit involved in carrying out the behavior dan cues to action.
Rosenstock, Strecher dan Becker (dalam Family Health International, 2004) menyatakan bahwa health belief model adalah model kognitif yang yang menjelaskan dan memprediksi perilaku sehat dengan fokus pada sikap dan belief pada individu. 
Hocbaum pada tahun 1958 dan Rosenstock (dalam Taylor 2009) menyatakan bahwa salah satu teori sikap yang paling berpengaruh dalam menjelaskan mengapa individu melakukan perilaku sehat adalah health belief model. Individu melakukan perilaku sehat tertentu tergantung pada dua faktor yaitu apakah individu tersebut merasakan ancaman kesehatan dan apakah individu meyakini bahwa perilaku sehat tertentu secara efektif dapat mengurangi ancaman yang dirasakan.
Berdasarkan pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa pengertia  health belief model adalah model kognitif yang menjelaskan dan memprediksi health behavior apa yang akan dilakukan dengan fokus pada belief individu akan perceived seriousness, perceived susceptibility, cues to action dan perceived benefits and barriers.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar