Pengertian Anak Usia Dini

Menurut Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (2000) pengertian anak usia dini adalah anak usia dini 0-6 tahun, yang merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan sangat berpengaruh bagi kehidupan selanjutnya.  Anak usia dini juga diartikan sebagai anak prasekolah. Menurut Biechler dan Snowman (1993) dalam Patmonodewo (2000 ) adalah mereka yang berusia antara 3 – 6 tahun. Mereka biasanya mengikuti program prasekolah.
Sedangkan di Indonesia, umumnya mereka mengikuti program Tempat Penitipan Anak (3 – 5 tahun) dan Kelompok Bermain (Usia 3 Tahun) sedangkan pada usia 4 – 6 tahun biasanya mereka mengikuti program Taman Kanak-kanak. Dalam pandangan mutahkir (Solehuddin, 1997) istilah anak usia dini adalah anak yang berkisar 0 – 8 tahun.
Kalau dilihat dari fase-fase pendidikan yang ditempuh oleh anak Indonesia, maka yang termasuk kedalam kelompok Anak usia dini adalah anak Sekolah Dasar kelas rendah (kelas 1 – 3), Taman kanak- kanak (TK), Kelompok Bermain (Play Group) dan anak masa sebelumnya (masa bayi).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar