Manfaat Lumut

Manfaat lumut bagi kehidupan manusia sangat besar. Suatu penelitian yang menyangkut kegunaan dan manfaat lumut (Bryophyta)  diseluruh dunia telah dilakukan. Berdasarkan data yang ada, lumut dapat digunakan sebagai bahan untuk hiasan rumah tangga, obat-obatan, bahan untuk ilmu pengetahuan dan sebagai indikator biologi untuk mengetahui degradasi lingkungan.
Beberapa contoh lumut yang dapat digunakan tersebut adalah Calymperes, Campylopus  dan  Sphagnum (Glime & Saxena, 1991  dalam Tan, 2003). Selain sebagai indikator lingkungan, keberadaan lumut di dalam hutan hujan tropis sangat memegang peranan penting sebagai tempat tumbuh organisme seperti serangga dan waduk air hujan (Gradstein, 2003).
Lumut sering juga digunakan untuk pertamanan dan rumah kaca. Hal lain yang telah dilakukan dengan lumut ini adalah menggunakannya sebagai bahan obat-obatan. Berdasarkan hasil penelitian di  Cina, lebih dari 40 jenis lumut telah digunakan oleh masyarakat Cina sebagai bahan obat-obatan terutama untuk mengobati gatal-gatal dan penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri dan jamur (Ding, 1982 dalam Tan 2003). 
Beberapa manfaat dari tumbuhan lumut antara lain sebagai berikut:
  1. Sebagai media tanaman (pengganti ijuk): Lumut daun 
  2. Dapat mencegah erosi: Lumut secara umum 
  3. Sebagai obat penyakit hati: Marchantia sp 
  4. Sebagai bahan pembalut, kapas dan sumber bahan bakar: Sphagnum
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar