Fungsi Pendidikan Anak Usia Dini

Fungsi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting artinya untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Berdasarkan tujuan Pendidikan Anak Usia Dini dapat ditelaah beberapa fungsi  Pendidikan Anak Usia Dini, yaitu:
Fungsi Adaptasi
Berperan dalam membantu anak melakukan penyesuaian diri dengan berbagai kondisi lingkungan serta menyesuaikan diri dengan keadaan dalam dirinya sendiri. Dengan keberadaan anak di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, pendidik membantu mereka beradaptasi dari lingkungan rumah ke lingkungan sekolah. Anak juga belajar mengenali dirinya sendiri.
Fungsi Sosialisasi
Berperan dalam membantu anak agar memiliki keterampilan-keterampilan sosial yang berguna dalam pergaulan dan kehidupan sehari-hari dimana ia berada. Di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini anak akan bertemu dengan teman sebaya lainnya. Mereka dapat bersosialisasi, memiliki banyak teman dan mengenali sifat-sifat temannya.
Fungsi Pengembangan
Di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini ini diharapkan  dapat mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak. Setiap unsur potensi yang dimiliki anak membutuhkan suatu situasi atau lingkungan yang dapat menumbuhkembangkan potensi tersebut kearah perkembangan yang optimal sehingga menjadi potensi yang bermanfaat bagi anak itu sendiri maupun lingkungannya.
Fungsi Bermain
Berkaitan dengan pemberian kesempatan pada anak untuk bermain, karena pada hakikatnya bermain itu sendiri merupakan hak anak sepanjang rentang kehidupannya. Melalui kegiatan bermain anak akan mengeksplorasi dunianya serta membangun pengetahuannya sendiri.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar